Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Tak Ada Barongsai Saat Tahun Baru Imlek, Warga: Yang Penting Ibadah Saja

Senin 31 Jan 2022 21:41 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Petugas membersihkan Vihara Amurva Bhumi di Jakarta, Selasa (25/1/2022). Tahun ini, pengurus tidak menggelar perayaan malam tahun baru Imlek maupun pertunjukan barongsai.

Petugas membersihkan Vihara Amurva Bhumi di Jakarta, Selasa (25/1/2022). Tahun ini, pengurus tidak menggelar perayaan malam tahun baru Imlek maupun pertunjukan barongsai.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah vihara tiadakan perayaan malam tahun baru Imlek dan pertunjukan barongsai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah warga keturunan China di Vihara Amurva Bhumi, Jakarta Selatan mendukung keputusan peniadaan perayaan malam tahun baru Imlek maupun pertunjukan barongsai saat Imlek pada Selasa (1/2/2022). Rudi, salah satu jemaat di Vihara tersebut, mengaku tidak mempermasalahkan acara yang biasanya memeriahkan Imlek tersebut.

"Ya mau bagaimana, seadanya saja," kata Rudi yang pernah menjadi pengurus Vihara Amurva Bhumi, di Jakarta Selatan, Senin (31/1/2022).

Baca Juga

Bagi Rudi, ditiadakannya sejumlah pertunjukan tersebut tak serta merta mengurangi makna tahun baru Imlek. Menurutnya, saat ini adanya izin melakukan ibadah saat Imlek tentu sudah mengakomodasi keinginan warga yang merayakannya.

"Yang penting ibadah saja kalau saya, tidak meriah, juga tidak apa-apa," ujar dia.

Senada dengan Rudi, jemaat lainnya, Yudawinata, juga tidak mempermasalahkan keputusan itu. Ia menganggapnya sebagai bentuk partisipasi umat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini mengalami peningkatan.

"Kita datang ke sini memang tujuannya ibadah, bukan mau nonton pertunjukan atau apa," tuturnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA