Senin 31 Jan 2022 18:31 WIB

Resep Ayam Ala Meghan Markle, Gampang Banget!

Meghan Markle gemar memasak Filipino chicken adobo untuk makan malam akhir pekan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Masakan berbahan ayam (Ilustrasi). Filipino chicken adobo merupakan salah satu masakan yang sering dimasak Meghan Markle.
Foto: Pixabay
Masakan berbahan ayam (Ilustrasi). Filipino chicken adobo merupakan salah satu masakan yang sering dimasak Meghan Markle.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bertahun-tahun, Meghan Markle telah mengungkapkan kecintaannya pada memasak. Dilansir laman Express, belum lama ini istri Pangeran Harry itu membagikan resep mac 'n' cheese ala Duchess of Sussex.

Makanan lain yang Meghan sering bikin adalah hidangan ayam khas Filipina. Menu Filipino chicken adobo ini disebutnya cocok untuk makan malam pada akhir pekan.

Baca Juga

Soal masakan, Ratu Inggris Elizabeth II tidak suka memakai bawang putih dan bawang merah. Padahal, keduanya adalah elemen kunci dari banyak hidangan lezat.

Ratu menganggap tak elok jika bertemu orang baru dengan napas yang tak segar akibat makanan yang dikonsumsi beraroma bawang. Sebaliknya, Meghan menyukai bawang putih dan bawang merah dan itu diperlukan untuk hidangan ayamnya.

Pada 2012, Meghan mengungkapkan bahwa dia senang menyiapkan dinner untuk Ahad malam. Itu saat yang spesial karena seluruh anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama.

"Entah itu makan lamb tagine, daging panggang atau sup hangat, intinya berkumpul untuk makan yang lezat dengan teman dan keluarga pada Ahad malam membuat saya merasa terhibur," kata Meghan saat itu.

Meghan memaparkan cara membuat adobo ayam Filipina yang sangat mudah dibuat. Cukup campurkan bawang putih, kecap, cuka, perasan lemon, dan biarkan ayam terendam dalam saus itu sampai terlepas dari tulangnya saat dimasak dalam Crock Pot.

Adobo ayam adalah hidangan nasional Filipina. Sama seperti semua hidangan tradisional, ada banyak variasi di dalamnya, termasuk protein yang berbeda. Sebagai alternatif dari ayam, daging sapi bisa dipakai.

Pada dasarnya, bahan utamanya adalah keseimbangan yang tepat dari kecap, cuka, lada hitam, dan gula. Bumbu ini menciptakan glasir yang sangat pekat dan rasa yang meresap.

Bahan-bahan:

- Paha ayam tanpa kulit tanpa tulang, ini tidak bisa diganti dengan dada ayam karena dibutuhkan lemak untuk mengubah saus menjadi glasir

- Kecap asin, kecap serba guna, atau kecap ringan, bukan kecap hitam

- Cuka putih

- Bawang merah dan bawang putih

- Merica

- Gula, gula merah adalah yang terbaik, tapi bisa juga menggunakan gula putih

- Daun salam, segar atau kering

- Daun bawang untuk hiasan, opsional

Cara membuat:

1. Tambahkan semua bahan ke dalam mangkuk dan marinasi selama 20 menit

2. Angkat ayam dan goreng dalam wajan panas

3. Tambahkan marinade ke dalam panci dan didihkan selama 25 menit, air akan terlihat berubah pada beberapa menit terakhir kemudian akan menjadi glasir

4. Taburi dengan irisan daun bawang. Sajikan dengan nasi dan salad hijau segar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement