Senin 31 Jan 2022 13:38 WIB

Gubernur Sulbar Apresiasi Program Pascagempa Laznas BMM

Berbagai program pasca gempa tersebut dijalankan BMM dan mitra

Kunjungan Direksi Laznas BMM ke Kantor Gubernur Sulbar
Foto: Dok Laznas BMM
Kunjungan Direksi Laznas BMM ke Kantor Gubernur Sulbar

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) dalam rangka mengkomunikasikan berbagai “Program Recovery Gempa Mamuju” yang diinisiasi oleh BMM dan berbagai mitra sepanjang 2021. Kedatangan Novi Wardi selaku Direktur Eksekutif BMM didampingi oleh Branch Manager Bank Muamalat bersama segenap staff disambut hangat oleh Gubernur Sulawesi Barat, Drs.H. Andi Ali Baal Masdar, M.Si.

Novi Wardi yang kerap disapa Novwar melaporkan berbagai program recovery pasca gempa yang telah dijalankan oleh BMM. Program tersebut dilangsungkan di Kec. Tapalang, Kec. Samboro dan Kec. Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat yang terdiri dari pembangunan dua titik sarana air bersih, 75 recycle house, dua bangunan masjid, dua titik fasilitas MCK, tiga titik sumur wakaf serta jalan dan jembatan.

Keseluruhan program tersebut merupakan hasil dari penyaluran dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dari masyarakat yang mempercayakan amanahnya kepada BMM. Tak hanya itu, dukungan kerjasama dengan berbagai mitra antara lain Bank Muamalat, KB Bukopin, Alfamidi, Alumni IPB University, DT Peduli, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Bakrie Amanah dan platform crowdfunding amalsholeh.com dengan total dana bantuan mencapai Rp 3,3 miliar. 

“Sinergi antara pemerintah dengan berbagai lembaga seperti ini harus terus terjalin terkhusus agar masyarakat Mamuju lebih cepat bangkit dari gempa yang dialami tepat setahun lalu. Kami berterima kasih kepada Baitulmaal Muamalat, Bank Muamalat dan berbagai mitra lainnya yang telah bekerjasama untuk membangun Mamuju Kembali,” ujar Andi Ali Baal Masdar.

 

Berbagai program pasca gempa tersebut dijalankan BMM dan mitra dalam rangka membangkitkan Kembali semangat dan daya juang masyarakat Mamuju serta sebagai katalisator agar para warga dapat menjalankan berbagai rutinitas seperti saat sebelum gempa melanda. Selain itu, keseluruhan program tersebut juga sejalan dengan poin akses air bersih dan sanitasi serta infrastruktur industri dan inovasi yang tercakup dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Direktur Eksekutif BMM, Novi Wardi mengatakan, berbagai program ini dapat terwujud berkat kerjasama dengan para mitra dan dukungan dari pemerintah Sulbar. "Semoga Baitulmaal Muamalat, Bank Muamalat dan berbagai mitra lainnnya dapat terus berkolaborasi untuk memperluas kebermanfaatan dan mendorong warga Mamuju untuk bangkit dari berbagai dampak dan traumatis pasca gempa,"ujar dia lewat keterangan tertulis kepada Republika.co.id.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement