Senin 31 Jan 2022 03:50 WIB

Dubai Luncurkan Mobil Tanggap Darurat Tercepat dan Termahal di Dunia

Mobil ini bisa berakselerasi dari nol hingga 100 kilometer per jam dalam 2,8 detik

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Andi Nur Aminah
HyperSport Responder, mobil tanggap darurat tercepat dan termahal yang dilucurlkan di Dubai.
Foto: Al Arabiya
HyperSport Responder, mobil tanggap darurat tercepat dan termahal yang dilucurlkan di Dubai.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Dubai meluncurkan apa yang diklaim sebagai ambulance responder atau mobil tanggap darurat yang tercepat dan termahal di dunia. Media nasional Emirates WAM, menyebut mobil itu diperkenalkan di Expo 2020.

Dilansir dari Al Arabiya, Sabtu (29/1), kendaraan yang disebut HyperSport Responder ini dikembangkan oleh W Motors yang berbasis di Dubai, yang terkenal dengan Lykan HyperSport mereka. Lykan HyperSport menjadi terkenal secara global ketika muncul di film blockbuster Hollywood Fast & Furious 7.

Baca Juga

Kendaraan tanggap darurat ini dilaporkan berharga lebih dari Rp 43 miliar dan dapat berakselerasi dari nol hingga 100 kilometer per jam dalam 2,8 detik. Menurut laporan WAM, kendaraan ini bahkan mampu mencapai kecepatan tertinggi 400 kilometer per jam.

Selain kecepatan, mobil ini muncul dilengkapi dengan 440 berlian berjajar di lampu depan LED. Termasuk atap interior berlapis emas dan jok interior yang menampilkan kulit dijahit emas, menurut WAM.

“Kecepatan dan kemampuan mobil dapat secara signifikan mengurangi waktu respons selama keadaan darurat dan memastikan intervensi tepat waktu,” kata CEO Dubai Corporation for Ambulance Services (DCAS), Khalifa bin Darrai.

Sekarang ini, dilaporkan sudah ada 331 kendaraan di armada DCAS yang menanggapi keadaan darurat di seluruh emirat. 

UEA di urutan keempat sebagai negara Muslim terkaya, memiliki PDB per kapita hampir 48,222 dolar AS atau sekira Rp 720 juta pada 2011. Sama seperti negara kaya Muslim lainnya, UEA juga memegang peranan penting dalam ekspor minyak bumi dan gas alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement