Ahad 30 Jan 2022 23:20 WIB

Harga Bawang Merah Mulai Naik di Medan

Jarak yang jauh dari sentra produksi bawang merah ke Medan picu kenaikan harga.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Petani memanen bawang merah (ilustrasi). Harga bawang merah di Medan mulai naik.
Foto: Antara/Anis Efizudin
Petani memanen bawang merah (ilustrasi). Harga bawang merah di Medan mulai naik.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Harga bawang merah di pasar Kota Medan dan sekitarnya bergerak naik rata-rata Rp 1.000 per kg akibat gangguan transportasi.

"Memang ada kenaikan harga bawang merah di pasar, tetapi bukan karena permintaan yang banyak. Namun dampak gangguan transportasi," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Barita Sihite di Medan, Ahad (30/1/2022).

Baca Juga

Harga bawang merah di pasar Medan terpantau rata-rata Rp 28.062 per kg dari sebelumnya Rp 27.263 per kg. Sentra produksi bawang merah di Provinsi Sumatra Utara paling banyak di Kabupaten Karo, Simalungun, Dairi dan Humbang Hasundutan.

"Jarak yang jauh dari lokasi sentra produksi bawang merah ke pasar di Medan, memang sering menjadi salah satu pendorong kenaikan harga," kata Barita.

Berdasarkan data BPS, produksi bawang merah Sumut pada 2019 sebesar 18.072 ton dengan luas panen 2.246 hektare. Sementara kebutuhan bawang merah Sumut per bulannya mencapai 4.057 ton.

"Jadi memang perlu tambahan pasokan dari Jawa mau pun impor," kata dia.

Barita menegaskan, Disperindag Sumut sudah membahas masalah kenaikan harga bawang merah yang dipastikan akibat keterlambatan pasokan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement