Senin 31 Jan 2022 01:00 WIB

GMNI Apresiasi Satu Tahun Kinerja Kapolri, Ini Catatannya  

GMNI menilai kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri meningkat

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. GMNI menilai kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri meningkat
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. GMNI menilai kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri meningkat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP GMNI), Arjuna Putra Aldino, mengapresiasi satu tahun kinerja Kapolri Listyo Sigit Prabowo. 

DPP GMNI terutama mangapresiasi Kapolri yang telah melakukan tindakan yang cukup tegas terhadap anggotanya yang melakukan penyimpangan. Apa yang dilakukan Kapolri Listyo Sigit menurut Arjuna, sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kepolisian yang profesional dan harapan institusi Kepolisian yang kredibel.  

Baca Juga

Hal ini tercermin dari hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menunjukkan, mayoritas masyarakat (51,9 persen) menilai bahwa Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah melakukan tindakan yang cukup tegas terhadap anggotanya yang melakukan penyimpangan.  

“Kami apresiasi kinerja pak Kapolri Listyo Sigit selama sathu tahun dan kami mendukung tindakan tegas yang dilakukan pak Kapolri untuk melakukan reformasi Polri demi pelayanan publik yang profesional dan institusi kepolisian yang kredibel sesuai visi Presisi,” tegas Arjuna dalam keterangannya, Ahad (30/1/2022).  

Menurut Arjuna, tindakan tegas yang dilakukan Kapolri merupakan jawaban yang tepat ditengah banyaknya pelanggaran disiplin dan berbagai kasus yang melibatkan anggota polisi yang berpotensi mengikis kepercayaan publik dan mencoreng wajah Polri. 

Berdasarkan data Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, pelanggaran anggota Korps Bhayangkara mencapai 6.409 kasus pada 2020.

 

Menurut Arjuna, tindakan tegas Kapolri adalah jawaban untuk melakukan gerakan reformasi Polri secara nyata, yang selama ini kerap diabaikan. 

“Kami dukung karena dengan ketegasan pak Kapolri kita punya harapan memiliki wajah kepolisian yang profesional, maju dan modern,” tambah Arjuna 

DPP GMNI juga mengapresiasi tindakan Kapolri Listyo Sigit yang menyarankan agar anggota kepolisian di berbagai tingkatan untuk berpikir terbuka dan tidak anti-kritik. 

Sehingga bisa terus menerus melakukan evaluasi kinerja secara objektif dan menangkap aspirasi publik tentang jalannya pelayanan publik. 

Keterbukaan institusi kepolisian menurut Arjuna sangatlah penting untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada institusi kepolisian. 

“Kami juga mendukung tindakan pak Kapolri yang mendorong agar institusi kepolisian lebih berfikir terbuka dan menerima kritik dari masyarakat. Sehingga pelayanan kepolisian lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman,” kata dia.  

DPP GMNI optimis Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit dapat melakukan reformasi Polri. Survei Indikator Politik menunjukkan, kepercayaan masyarakat terhadap Polri saat ini sudah melampaui KPK. Ada tren peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement