Ahad 30 Jan 2022 21:17 WIB

Perkuat Layanan Registrasi, Pandi Paparkan Kinerja 2021 dan Rencana 2022

Pandi telah mendaftarkan SNI pada tiga aksara nusantara pada November 2021

Pengajuan dokumen Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) untuk standar papan ketik, fon dan transliterasi aksara Jawa dan aksara Sunda ke Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang diajukan  Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi), tidak bisa diajukan satu persatu menyusul arahan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).
Foto: istimewa
Pengajuan dokumen Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) untuk standar papan ketik, fon dan transliterasi aksara Jawa dan aksara Sunda ke Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang diajukan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi), tidak bisa diajukan satu persatu menyusul arahan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Era pandemi ini telah mendorong bisnis domain bergairah. Hal itu terlihat dari meningkatnya permintaan pasar akan domain di Tanah Air khususnya yang menggunakan domain.id. persebaran Nama Domain terdaftar per 31 Desember 2021 terdiri atas 529.241 Nama Domain yang didaftarkan masyarakat Indonesia dan 25.089 Nama Domain yang didaftarkan oleh masyarakat dari mancanegara.

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) menyebutkan per 31 Desember 2021, Pandi telah melampaui target tahun 2021 yaitu 532.213 Nama Domain terdaftar dengan jumlah Nama Domain yang terdaftar selama 2021 yaitu 554.330 Nama Domain."Kinerja PANDI selama tahun 2021 menghasilkan Registri yang terus diperkuat untuk melayani kebutuhan masyarakat," kata Prof. Yudho Giri Sucahyo saat membuka acara konferensi pers Pandi 2022 secara luring, Akhir pekan silam.

Baca Juga

Menutup tahun 2021, Pandi juga Mendaftarkan SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk 3 aksara Nusantara yaitu Jawa, Bali dan Sunda pada bulan November 2021."Pencapaian kami di tahun 2021, tidak luput dari mindset melayani masyarakat dengan teknologi terbaru dan termutakhir," lanjut Yudho.

Pencapaian positif selama 2021, tidak membuat Pandi lengah dan ingin meningkat ke level selanjutnya. Pandi sudah menyiapkan strategi optimis untuk melebarkan volume pengguna Nama Domain .id di seluruh dunia dengan menargetkan 702.374 Nama Domain terdaftar, meningkatkan persentase pangsa pasar Nama Domain .id mencapai 38 persen terhadap total Nama Domain terdaftar di Indonesia, dan meningkatkan persentase jumlah Nama Domain .id yang terdaftar oleh Registran Internasional menjadi sebesar 10 persen terhadap keseluruhan Nama Domain terdaftar sampai akhir tahun 2022.

Mengingat pertumbuhan pendaftaran Nama Domain yang terus memperlihatkan angka pertumbuhan positif, Pandi juga akan melakukan peningkatan skalabilitas sistem yang dapat menampung hingga 2 juta Nama Domain dan memperkuat ketahanan Registri serta meningkatkan kualitas layanan Registri sesuai Standar Nasional dan Internasional dengan memastikan tersedianya layanan pelanggan 24/7 (24 jam dalam 7 hari).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement