Ahad 30 Jan 2022 21:15 WIB

Film-Film Ini Tetap Seru Meski Dialognya Sedikit

Banyak film terbaik Hollywood hanya menampilkan sedikit kata.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film-film yang tetap seru meski tanpa dialog. (ilustrasi)
Foto: Dok Paramount Pictures
Film-film yang tetap seru meski tanpa dialog. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Dialog yang ekstensif tidak selalu menjadi kunci sukses dalam menciptakan kisah yang mengharukan dan memikat. Banyak film terbaik Hollywood hanya menampilkan sedikit kata. 

Beberapa film ada yang hanya memanfaatkan kekuatan keheningan. Film-film tersebut lebih memilih untuk menyampaikan pesan mereka melalui citra yang menakjubkan dan emosi yang kuat. Berikut ini adalah delapan film terbaik yang hampir tidak ada dialog di dalamnya seperti dilansir di laman Movie Web, Ahad (30/1/2022):

Baca Juga

1. A Quiet Place

photo
A Quiet Place. - (ist)

 

Film ini berkisah tentang seorang ayah dan ibu yang berjuang untuk bertahan hidup dan membesarkan anak-anak mereka, di dunia pasca-apokaliptik yang dihuni oleh monster buta dengan pendengaran ultra-sensitif. Dibintangi Krasinski bersama istrinya di kehidupan nyata Emily Blunt, konsep film ini terwujud sebagian dari pengalaman co-penulis Scott Beck dan Bryan Woods, yang menonton banyak film bisu di perguruan tinggi dan tumbuh dekat dengan lahan pertanian.

Karakter hanya berkomunikasi dalam bahasa isyarat Amerika untuk menghindari suara, karena putri pasangan (diperankan oleh Millicent Simmonds) dalam film juga tuli. Kesuksesan kritis dan komersial A Quiet Place menghasilkan sekuel 2021, A Quiet Place Part II.

2. 2001: A Space Odyssey

photo
Film 2001: A Space Odyssey. - (Metro-Goldwyn-Mayer)

 

Film sci-fi spektakuler tahun 1968 karya Mastermind Stanley Kubrick, 2001: A Space Odyssey, menceritakan perjalanan ke Jupiter dengan superkomputer HAL 9000 setelah ditemukannya monolit alien. Epik yang inovatif dan mutakhir ini terkenal karena akurasi ilmiahnya dan eksplorasi tema-tema seperti evolusi manusia, teknologi, eksistensialisme, dan meditasi tentang kehidupan di luar bumi.

Kubrick sangat fokus pada audio-visual sebagai lawan dialog, sebuah pendekatan yang mendapat pujian dan penghargaan bagi pembuat film. Soundtrack penuh dengan banyak karya musik klasik oleh komposer seperti Richard Strauss dan Aram Khachaturian.

3. The Revenant

photo
Film The Revenant - (AP)

 

Leonardo DiCaprio akhirnya memenangkan Oscar yang sangat pantas untuknya dengan penampilannya yang mengasyikkan dalam drama survival karya Alejandro G Inarritu, The Revenant, yang dirilis pada 2015. Kisah mengerikan ini mengikuti seorang yang berada di perbatasan tahun 1820-an, yang harus berjuang untuk hidupnya setelah serangan beruang ganas dan ia dibiarkan mati oleh tim pemburunya sendiri.

Sebagian besar gambar epik berfokus pada Hugh Glass, saat ia menantang elemen dan musuh yang tak terhitung jumlahnya dalam perang salibnya, untuk menghindari pengejaran kematian dan balas dendam. Dialog sangat jarang dan film benar-benar digerakkan oleh karakter, didorong oleh penampilan dominan DiCaprio.

4. Cast Away

photo
Film Cast Away. - (20th Century Fox)

 

Tom Hanks membintangi drama survival Cast Away pada tahun 2000. Dia digambarkan sebagai seorang pemecah masalah FedEx yang terdampar di pulau terpencil setelah pesawatnya jatuh. Plot film berpusat pada upaya putus asa untuk bertahan hidup sendirian, dan tetap berharap bahwa suatu hari dia akan kembali ke rumah.

Untuk mempersiapkan peran tersebut, Hanks memperoleh 50 pound selama praproduksi untuk membuat transformasi dalam film lebih dramatis. Syuting kemudian dihentikan, sehingga dia bisa menurunkan berat badan dan menumbuhkan rambut dan janggutnya.

Selama drama yang menyentuh emosi, Wilson si bola voli adalah teman yang dipersonifikasikan oleh karakter Hanks, dan satu-satunya pendampingnya selama empat tahun sendirian. Skenario dan penampilan memukau sang bintang pun dipuji, dengan Hanks memenangkan Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik.

5. The Artist

photo
Film The Artist. - (Warner Bros. France)

 

Drama Prancis pemenang Oscar 2011 adalah The Artist disutradarai oleh Michel Hazanavicius, dan diambil dengan gaya film bisu hitam-putih. Gambar yang menakjubkan menampilkan bakat Jean Dujardin dan Bérénice Bejo, dan menceritakan seorang bintang film arogan yang mengembangkan hubungan dengan seorang penari muda di era bisu Hollywood.

Hazanavicius menulis skenario dalam empat bulan dan melakukan penelitian ekstensif tentang film bisu, untuk menemukan teknik yang tepat dalam bercerita dan tidak terlalu bergantung pada intertitle. Douglas Fairbanks, raja film bisu yang pemberani, menjadi inspirasi bagi naskah dan karakter dalam film tersebut.

Selain kelima film tersebut, ada juga film minim dialog terbaik lainnya yakni HushFantasia, dan Drive.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement