Ahad 30 Jan 2022 09:35 WIB

Erick Thohir Minta CSR BUMN Fokus di 3 Bidang

Erick Thohir minta forum CSR BUMN fokus di pendidikan, UMKM dan lingkungan hidup.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan  Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN di Lampung, Sabtu (29/1/2022).
Foto: ist
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN di Lampung, Sabtu (29/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan  Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN di Lampung, Sabtu (29/1/2022). Erick mengatakan Forum TJSL merupakan implementasi konkret dari core values, Akhlak, yakni kata harmonis dan kolaboratif. 

"Dengan berpegang teguh pada prinsip pemerataan dan menuju keseimbangan ekonomi di masyarakat, para pengurus harus dapat membawa TJSL BUMN menjadi primadona perusahaan negara mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, adil, dan makmur," ujar Erick dalam rapat koordinasi TJSL BUMN bertajuk "Kolaborasi Menjaga Masa Depan Indonesia".

Baca Juga

Dia ingin TJSL BUMN tidak berjalan sendiri-sendiri maupun saling bersaing. Erick menekankan program TJSL di BUMN difokuskan pada sektor pendidikan, UMKM, dan lingkungan hidup yang meliputi pemerataan pendidikan berkualitas agar anak-anak Indonesia mendapat kemudahan dan akses ilmu pengetahuan serta teknologi, pemberdayaan UMKM dan ultra mikro untuk naik kelas, dan lingkungan hidup yang difokuskan untuk pelestarian alam dan penghijauan. 

photo
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN di Lampung, Sabtu (29/1/2022). - (ist)
 

"Kegiatan TJSL BUMN harus disatukan (dikelola) dengan baik demi menciptakan harmoni rasa dan bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," ungkap Erick, melalui siaran pers.

Erick menambahkan, pelaksanaan TJSL juga harus mempertimbangkan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam pemberdayaan masyarakat. Erick mencontohkan PLN dalam pengembangan PLTU yang menghasilkan limbah sisa pembakaran batu bara yang bisa dimanfaatkan masyarakat membuat batako dan membangun rumah.

"Ingat, BUMN bukan lagi pesaing para kreator atau inovator lokal. Namun menjadi bagian bersama, dalam penguatan Indonesia yang merdeka berdaulat. Saya berharap, inovasi dan terobosan TJSL BUMN bisa ambil peran penting bagi Indonesia menghadapi tiga tantangan yakni pasar global, disrupsi digital, dan ketahanan kesehatan," kata Erick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement