Ahad 30 Jan 2022 02:45 WIB

Berapa Kali Makser N95 Bisa Dipakai?

Jumlah pemakaian masker N95 bergantung pada bagaimana orang memakainya.

Rep: Ali Mansur/ Red: Friska Yolandha
Masker N95. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) menyebut petugas kesehatan dapat mengenakan masker N95 hingga lima kali.
Foto: AP/Ted S. Warren
Masker N95. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) menyebut petugas kesehatan dapat mengenakan masker N95 hingga lima kali.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) menyebut petugas kesehatan dapat mengenakan masker N95 hingga lima kali. Tetapi para ahli mengatakan seberapa sering rata-rata orang dapat memakainya dengan aman akan bervariasi tergantung pada bagaimana masker tersebut digunakan.

Misalnya, mengenakan masker yang sama untuk pergi berbelanja ke toko kelontong sangat berbeda dengan memakainya sepanjang hari pada saat bekerja. Menurut Richard Flagan, seseorang yang mempelajari masker dan aerosols di California Institute of Technology, bahwa jumlah waktu pemakaian masker lebih penting daripada seberapa sering dipakai.

Baca Juga

Secara umum, Flagan  merekomendasikan untuk membatasi penggunaan masker N95 sampai dua atau tiga hari. Lanjunya, dengan setiap napas yang diambil maka partikel menumpuk di masker. Hal itu bisa membuat lebih sulit bernapas jika masker telah menjebak banyak partikel.

“Mereka merendahkan kinerja masker,” ucap Flagan, Sabtu (29/1/2022).

Flagan menjelaskan, tali elastis pada masker juga bisa menjadi rusak dan tidak pas di wajah. Bahkan tidak menutup kemungkinan, masker menjadi kotor atau basah. Terutama jika digunakan pada saat  beraktivtas dan berolahraga.

Apabila mulai terlihat ada perubahan di masker, sekalipun baru digunakan begerapa jam, kata Flagan, maka saatnya untuk berhenti menggunakannya. Menurut dia, karena masker N95 tidak bisa dicuci dan segera dibuang.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement