Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Xinjiang Punya Bandara Baru di Perbatasan Kazakhstan

Sabtu 29 Jan 2022 20:32 WIB

Red: Esthi Maharani

Bandara Xinjiang

Bandara Xinjiang

Foto: China Daily
Bandara baru tersebut merupakan bandara sipil yang ke-23 di Xinjiang

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Daerah Otonomi Xinjiang, China, memiliki bandar udara baru yang berada di dekat wilayah perbatasan dengan Kazakhstan. Bandara yang berada di Kabupaten Zhaosu, Prefektur Ili, segera dioperasikan setelah satu unit pesawat komersial China Southern Airlines mendarat dengan mulus pada Jumat (28/1/2022).

Bandara yang menelan biaya senilai 640 juta yuan atau sekitar Rp1,4 triliun itu mulai dibangun pada 2019 di lahan seluas 170 hektare dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga

"Pembukaan Bandara Zhaosu ini dapat meningkatkan layanan transportasi lebih dari 400 ribu jiwa penduduk di Kabupaten Zhaosu dan kabupaten sekitarnya. Diharapkan dapat mendorong pengembangan industri pariwisata lokal dan meningkatkan investasi," kata Dalalybek Kanjakhan, pejabat Prefektur Ili, dikutip media China, Sabtu (29/1/2022).

Bandara baru tersebut merupakan bandara sipil yang ke-23 di Xinjiang yang merupakan rumah bagi etnis minoritas Muslim Uighur. Zhaosu yang berbatasan langsung dengan Kazakhstan tersebut dikenal sebagai pusat peternakan kuda terbaik di China. Perayaan berkuda internasional digelar di Zhaosu setiap musim panas. Ajang tersebut menarik perhatian wisatawan asing dan domestik di China.

Dalam beberapa tahun terakhir Xinjiang juga terus memperbaiki beberapa bandara sipil di wilayah-wilayah perbatasan, seperti Kashgar yang berbatasan lansung dengan Pakistan dan Hotan dengan India.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA