Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Ini Tiga Peran Penting Ulama Menurut Wali Kota Depok

Sabtu 29 Jan 2022 19:42 WIB

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil

 Ini Tiga Peran Penting Ulama Menurut Wali Kota Depok. Foto: Wali Kota Depok Mohammad Idris meluncurkan Kartu Depok Sejahtera (KDS), Jumat (24/9).

Ini Tiga Peran Penting Ulama Menurut Wali Kota Depok. Foto: Wali Kota Depok Mohammad Idris meluncurkan Kartu Depok Sejahtera (KDS), Jumat (24/9).

Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah.
Tiga peran ulama dijelaskan Wali Kota Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan tiga peran penting yang harus dijalankan ulama. Menurutnya, peran peting ulama yang pertama adalah harus dekat dengan masyarakat. 

"Ulama harus memberikan perhatiannya, selalu mengawasi dan mengontrol kemaslahatan sosial di masyarakat. Dalam kasus ini, contohnya dalam proses pembangunan dibutuhkan peran ulama agar pembangunan tersebut tidak menimbulkan dampak negatif bagi warga," ujar Idris saat acara pelantikan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) tingkat kelurahan se-Kecamatan Cinere.

Baca Juga

Lanjut Idris, peran yang kedua adalah melakukan perencanaan, penataan, dan pembangunan sosial di masyarakat. Ulama harus membuat rencana bagi masyarakat untuk tahun-tahun ke depan.."Misalnya dua tahun mendatang warga Cinere sudah 80 persen bisa membaca Alquran," ucapnya.

Ia menambahkan, lalu peran yang terakhir, ulama harus bisa membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di wilayahnya. Salah satunya persoalan narkoba yang sangat meresahkan.

"Harapannya para pengurus dapat membimbing dan mengarahkan masyarakat. Bertindak, bersikap sesuai dengan ilmu dan kehormatan martabat," harap Idris. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA