Sabtu 29 Jan 2022 13:15 WIB

Belasan Kapal Terbakar di Pelabuhan Pelindo III Cabang Tegal  

Motif kebakaran 13 kapal di Pelabuhan Pelindo III Cabang Tegal belum diketahui  

Rep: Bowo Pribadi / Red: Nashih Nashrullah
Garis Polisi kebakaran kapal di Pelabuhan Pelindo III Cabang Tegal   (ilustrasi). Motif kebakaran 13 kapal di Pelabuhan Pelindo III Cabang Tegal belum diketahui  
Foto: Antara/Arif Pribadi
Garis Polisi kebakaran kapal di Pelabuhan Pelindo III Cabang Tegal  (ilustrasi). Motif kebakaran 13 kapal di Pelabuhan Pelindo III Cabang Tegal belum diketahui  

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL—Kebakaran dialami belasan kapal yang tengah bersandar di dernaga Pelabuhan Niaga PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tegal, di lingkungan Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, terbakar pada Sabtu (29/1) pagi.

Dalam peristiwa ini, sedikitnya 13 kapal nelayan ludes terbakar, sementara puluhan kapal lainnya selamat dari amukan si jago merah setelah sempat dievakuasi ke lokasi yang lebih aman dari dampak kebakaran.

Baca Juga

Menurut Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmat Hidayat mengatakan, api kali pertama diketahui oleh saksi Akirno (34) menyala dari salah satu kapal di antara jajaran kapal nelayan yang sedang bersandar.

Mengetahui adanya api tersebut, saksi Akirno segera melaporkan kepada petugas pelabuhan setempat, yang selanjutnya diteruskan ke petugas pemadam kebakaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal.

Saat petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi, api sudah membesar dan berkobar hebat hingga menyambar kapal lain yang ada di sekitarnya. “Api memang cepat membesar dan merembet ke kapal lain yang ada di sebelahnya,” jelas Rahmat.

Karena, lanjut kapolres, posisi kapal yang bersandar cukup rapat dan saling menempelsatu dengan yang lain. Tak pelak jumlah kapal yang ikut terbakar di dermaga tersebut pun terus bertambah.

Guna menghindari kerugian yang lebih banyak, polisi juga turut membantu para awak kapal lainnya untuk mengantisipasi dengan memindahkan kapal lain yang yang tidak terbakar ke lokasi yang relatif aman dari jangkauan api.

Sementara upaya untuk menjinakkan api juga dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran dari Pemkot Tegal, Pemkab Brebes dan petugas pemadam kebakaran Pemkab Tegal.

Berdasarkan data Sementara, lanjut kapolres,sudah ada tiga orang yang mengaku sebagai pemilik kapal nelayan yang terbakar tersebut, masing- masing H Tambari, Katijan Andriana serta H Jono.

Untuk penyebab kebakaran belasan kapal ini belum diketahui, karena –saat ini-- polisi, petugas pelabuhan serta tim pemadam kebakaran masih fokus pada upaya pemadaman api.

“Olah tempat kejadian perkara (TKP) dan kegiatan penyelidikan lainnya akan dilaksanakan setelah api yang berkobar padam dan situasinya sudah sangat memungkinkan,” tandas Kpolres Tegal Kota.

Polres Tegal Kota, tambahnya, saat ini tengah sibuk mengamankan kapal-kapal lain yang berada di lokasi untuk diarahkan ke lokasi lain yang lebih aman untuk bersandar sekaligus guna mengentisipasi meluasnya dampak kebakaran.

“Petugas –dengan dibantu warga sekitar serta petugas BPBD juga telah mengamankan lokasi dan membantu arus lalu lintas kapal guna mempermudah upaya pemadaman api,” tambah Kapolres Tegal Kota.

Sementara Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyampaikan, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi sudah menerima laporan tentang kejadian kebakaran di dermaga Pt pelindo III Cabang tegal tersebut.

"Kapolda sudah memerintahkan Labfor Polda Jawa Tengah untuk membantu penanganan kejadian ini. Untuk perkembangan situasi Polda masih berkoordinasi dengan Polres Tegal Kota,” tandas Iqbal.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement