Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Baznas Bekali Para Penerima Beasiswa Peningkatan Literasi Zakat

Sabtu 29 Jan 2022 11:01 WIB

Red: Irwan Kelana

Kepala Lembaga Beasiswa Baznas Sri Nurhidayah.

Kepala Lembaga Beasiswa Baznas Sri Nurhidayah.

Foto: Dok Baznas
Baznas  terus mendorong kualitas sumber daya manusia para penerima beasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baznas  menyelenggarakan pembekalan literasi zakat kepada para penerima beasiswa. Kegiatan yang dilangsungkan secara daring, Rabu (26/1)  tersebut dihadiri oleh ribuan peserta beasiswa. Pembekalan diberikan oleh Sri Nurhidayah (kepala Lembaga Beasiswa Baznas), Farid Septian (kepala Divisi Pendidikan dan Dakwah), dan  Abdul Aziz (peneliti senior Pusat Kajian Strategis) yang merupakan narasumber utama. 

Literasi zakat menjadi salah satu pilar dalam penguatan zakat di Indonesia. Indonesia dengan penduduk Muslim yang besar dengan potensi zakat yang besar, namun realisasinya masih jauh dari harapan. Salah satu yang penting adalah meningkatkan literasi masyarakat, sehingga tumbuh kesadaran berzakat melalui lembaga.

Baznas terus berupaya memperluas agar kebermanfaatan zakat bisa dirasakan masyarakat. Khususnya di bidang pendidikan, pada tahun 2021 Baznas  memberikan beasiswa pendidikan kepada 8.059 pelajar/mahasiswa di berbagai jenjang, termasuk santri. Selain itu, Baznas  juga terus mendorong kualitas sumber daya manusia para penerima beasiswa.

"Indonesia terkenal tidak ramah di media sosial, juga dengan aksi hoaks. Dua hal itu salah satunya yang menjadi semangat kami mendorong semuanya bisa lebih bijak dan cerdas literasi", ujar Sri Nurhidayah dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Paparan dari Abdul Aziz menjelaskan definisi zakat, lembaga pengelola zakat, jaringan zakat, serta kondisinya di Indonesia. Baznas  melalui Pusat Kajian Strategis telah banyak melakukan kajian zakat nasional. Salah satu yang dikembangkan yaitu Indeks Literasi Zakat. Indeks Literasi Zakat menjadi instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat literasi masyarakat tentang zakat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA