Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Kemenag: Pesantren Siap Jajaki Ekspor Produk Halal

Sabtu 29 Jan 2022 07:40 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Ilustrasi: Santri belajar di pesantren.

Ilustrasi: Santri belajar di pesantren.

Foto: Andolu Agency
Pesantren siap jajaki ekspor produk makanan halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghafur, mengatakan pesantren siap jajaki ekspor produk makanan halal.

Menurutnya, saat ini banyak pesantren yang memiliki produk makanan dengan kualitas kompetitif. 

Baca Juga

“Saya pikir, pesantren ini sangat potensial jika dilibatkan untuk memasarkan produk halalnya di pasar internasional. Saya sangat yakin produk pesantren sangat berkualitas dan tentunya produknya variatif,” lanjutnya.

Ia menambahkan, keragaman produk pesantren ini terstimulasi oleh berbagai program yang dikelola pemerintah, pusat maupun daerah.

Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Menag Yaqut Cholil Qoumas telah menjadikan Kemandirian Pesantren sebagai salah satu program prioritas. Gayung bersambut, di berbagai daerah terdapat program One Pesantren One Product.

Waryono menyebut, dalam mengembangkan peluang ini pesantren hanya butuh sinergi. Sesuai arahan Wakil Presiden, sinergi itu antara lain dalam peningkatan kapasitas SDM-Kompetensi E-commerce, peningkatan kualitas produk dan kemasan, marketplace global, dan Offline Networking.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA