Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Harganya Mahal, Ini Cara Hemat Pakai Masker N95

Sabtu 29 Jan 2022 02:05 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

N95 kini menjadi standar masker yang disarankan untuk tangkal Covid-19.

N95 kini menjadi standar masker yang disarankan untuk tangkal Covid-19.

Foto: Republika
N95 kini menjadi standar masker yang disarankan untuk tangkal Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sangat penting untuk menghilangkan kuman dari masker N95 di sela-sela pemakaian. Kabar baiknya adalah ini sangat mudah dilakukan.

Setelah menggunakan masker, pengguna harus melepas dan menyimpannya dalam kantong kertas selama lima hari sebelum memakainya lagi, berdasar rekomendasi CDC. "Ini akan memberikan waktu yang cukup bagi partikel atau sisa virus apa pun untuk mati," kata Dr Nikhil Bhayani, MD, spesialis penyakit menular di Texas Health Resources di Bedford, Texas, dilansir dari Livestrong, Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga

Setelah masa lima hari, masker siap dipakai kembali. Hal yang seharusnya tidak dilakukan seperti cuci masker dengan sabun dan air. 

Meskipun bilas cepat dengan air panas dan berbusa mungkin tampak seperti cara yang efektif untuk menghilangkan kotoran, sebenarnya bisa lebih berbahaya. 

“Mencuci masker N95 dapat mengganggu muatan elektrostatik masker dan mengurangi efektivitas penyaringan masker," jelas Dr Madad.

Sebaiknya pengguna memiliki tiga hingga lima masker N95 dalam rotasi pada waktu tertentu. Hal itu tergantung pada seberapa sering pengguna biasanya perlu menggunakan masker. Drs Bhayani dan Madad menyarankan masker harus disimpan masing-masing saat tidak dipakai dalam kantong kertas terpisah.

Pengguna juga dapat memberi nomor apda tas atau masker di bagian luar untuk melacak setiap masker terkair rotasi, menurut rekomendasi makalah Mei 2020 di Journal of Emergency Medicine.

"Saat siap memakai masker lagi (atau memakai masker untuk pertama kali), cuci tangan atau gunakan pembersih berbasis alkohol terlebih dahulu," saran Dr Bhayani.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA