Sabtu 29 Jan 2022 03:30 WIB

Ilmuwan Turki Kembangkan Pengobatan Lawan Semua Varian Covid-19

Ilmuwan Turki mengembangkan sistem kekebalan yang efektif melawan semua varian Covid

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

NEW YORK-- Seorang ilmuwan Turki dan timnya telah mencatat kemajuan signifikan dalam pengembangan pengobatan baru yang terbukti efektif melawan semua varian virus Corona.

Dr. Derya Unutmaz, peneliti utama di Jackson Laboratory yang berbasis di Connecticut,  Amerika Serikat (AS), mengatakan timnya berangkat dengan pertanyaan: Bagaimana mengembangkan sistem kekebalan yang dapat efektif melawan semua varian.

Dia mengatakan mereka menggunakan teknologi biologi sintetis untuk meningkatkan pengobatan.

Unutmaz dan timnya mendapatkan hasil yang sukses dalam pekerjaan laboratorium di sel pemrograman, yang merupakan bagian biologi sintetis, dan langkah selanjutnya adalah mengujinya pada hewan, tutur dia.

Peneliti Turki itu mencatat bahwa mereka mengadopsi metode yang digunakan dalam pengobatan kanker untuk sel yang terinfeksi oleh virus korona.

Unutmaz mengatakan varian Covid-19 dapat lolos dari antibodi yang dikembangkan oleh tubuh, oleh karena itu, orang yang divaksinasi dapat tertular virus varian omicron.

“Ada tonjolan yang kita sebut protein lonjakan di permukaan virus, ini adalah kunci virus. Dengan menggunakan ini, virus menempel pada kunci di permukaan sel, membuka dan memasukinya. Setelah itu, menghasilkan proteinnya sendiri, menyalin dan menyebarkannya ke sel lain," ujar dia.

"Metode yang kami kembangkan sebenarnya untuk menjebak virus. Kami mengambil kunci di permukaan sel dan mengubahnya menjadi molekul dengan biologi sintetis."

Menyoroti tidak ada varian Covid-19 yang dapat lolos dari metode yang dikembangkan timnya, Unutmaz mengatakan seiring perkembangan virus, itu akan mengikat kunci sintetis dengan lebih baik sehingga perawatan lanjutan timnya akan menjadi metode yang efektif terhadap varian yang mungkin muncul di masa depan.

Dia mengatakan timnya telah menerima tanggapan yang sangat positif. “Kami sangat senang dapat mengembangkan metode seperti itu.”

Unutmaz menggarisbawahi bahwa penelitian ini dipersembahkan oleh dua ahli imunologi, yang satu di Turki. Dia juga menambahkan bahwa bioteknologi sedang berkembang di Turki dan mereka mungkin dapat melakukan beberapa pekerjaan di sana di masa depan.

“Kami telah melalui proses yang sangat sulit, sudah hampir dua tahun, kami semua sangat lelah, tetapi orang tidak boleh putus asa,” tegas dia tentang prospek perlawanan Covid-19 ke depan.

"Saya pikir sebagian besar pandemi akan berakhir dengan omicron," pungkas dia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/ilmuwan-turki-kembangkan-pengobatan-efektif-lawan-semua-varian-covid-19/2487700
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement