Jumat 28 Jan 2022 20:07 WIB

Orang Tua yang Divaksinasi Lindungi Anak yang Belum Bisa Vaksinasi

Orang yang divaksinasi dan terinfeksi diklaim tidak terlalu menularkan virus.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Orang yang divaksinasi dan terinfeksi diklaim tidak terlalu menularkan virus.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Orang yang divaksinasi dan terinfeksi diklaim tidak terlalu menularkan virus.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Sulit untuk menentukan sejauh mana vaksin Covid-19 melindungi kontak dekat yang tidak divaksinasi dari infeksi. Sekarang, tim peneliti Israel telah menemukan bahwa vaksinasi orang tua dapat memberikan perlindungan substansial bagi anak-anak yang tidak divaksinasi di rumah yang sama. 

Dengan mempelajari keluarga tanpa infeksi sebelumnya, terdiri dari dua orang tua dan anak-anak yang tidak divaksinasi, tim memperkirakan pengaruh vaksinasi orang tua terhadap risiko infeksi untuk anak-anak yang tidak divaksinasi. Hasilnya dipublikasikan di Science dalam artikel, “Indirect protection of children from SARS-CoV-2 infection through parental vaccination”.

Baca Juga

Di Israel, otorisasi vaksin Pfizer-BioNTech mRNA Covid-19 diperpanjang pada Mei 2021 untuk anak-anak dan remaja berusia 12 tahun atau lebih. Berikutnya pada November 2021, diperpanjang untuk anak-anak berusia lima tahun atau lebih.

Menggunakan penyimpanan data terintegrasi dari organisasi kesehatan terbesar Israel, Samah Hayek, PhD, di Clalit Research Institute di Israel, mempelajari dua periode secara terpisah. Pada periode awal dilakukan 17 Januari sampai 28 Maret 2021 dan periode akhir 11 Juli sampai 30 September 2021.

Terlepas dari ukuran rumah tangga, Hayek dan rekan peneliti menemukan bahwa vaksinasi orang tua secara substansial mengurangi risiko anak-anak hingga usia 12 tahun terinfeksi dengan mengurangi kemungkinan menghubungi individu yang menular. Selain itu, dengan pengurangan penularan dari orang divaksinasi yang menderita infeksi terobosan.

Lebih khusus, mereka menemukan bahwa “memiliki satu orang tua yang divaksinasi dikaitkan dengan penurunan risiko 26,0 persen dan 20,8 persen. Lalu memiliki dua orang tua yang divaksinasi dikaitkan dengan penurunan risiko 71,7 persen dan 58,1 persen, masing-masing pada periode awal dan akhir. 

“Hasil ini memperkuat pentingnya meningkatkan penyerapan vaksin di antara populasi yang memenuhi syarat vaksin untuk mengekang penyebaran pandemi SARS-CoV-2 dan melindungi mereka yang tidak dapat divaksinasi,” kata para penulis, seperti dilansir dari laman Geneng News, Jumat (28/1/2022). 

Dalam studi kedua yang berbasis di Israel, temuan menunjukkan hasil yang serupa, bahwa vaksinasi mengurangi tingkat infeksi SARS-CoV-2 dan transmisi rumah tangga. Banyak penelitian telah memperkirakan dampak vaksin pada keparahan dan kerentanan penyakit. Namun, perkiraan dampak vaksin terhadap penularan lebih terbatas.

Israel secara eksklusif mengadopsi vaksin mRNA Pfizer-BioNTech. Untuk menguji efektivitas vaksin ini terhadap penularan, Ottavia Prunas, PhD, rekan pascadoktoral di lab Weinberger di Yale School of Public Health, dan rekan, menggunakan pendekatan statistik. Itu merupakan model binomial rantai untuk memperkirakan efektivitas vaksinasi dengan Pfizer- Vaksin BioNTech terhadap transmisi rumah tangga SARS-CoV-2 di Israel sebelum dan sesudah kemunculan varian Delta.

Para penulis menemukan bahwa orang yang divaksinasi, kemudian terinfeksi kurang menular daripada orang yang tidak divaksinasi. Lebih khusus, penulis menulis bahwa “vaksinasi mengurangi kerentanan terhadap infeksi sebesar 89,4 persen. Sedangkan efektivitas vaksin terhadap infeksi yang diberikan infeksi adalah 23,0 persen selama hari 10 hingga 90 setelah dosis kedua sebelum 1 Juni 2021. Total efektivitas vaksin adalah 91,8 persen.

Selain itu, lebih sedikit penularan terjadi dalam rumah tangga dengan anggota yang divaksinasi dibandingkan dengan individu yang tidak divaksinasi. Namun, kemampuan vaksin untuk mencegah penularan berkurang seiring waktu dan munculnya varian Delta. 

“Sangat tidak mungkin penularan SARS-CoV-2 pada tingkat populasi dapat dihilangkan melalui vaksinasi saja,” tambah para penulis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement