Sabtu 29 Jan 2022 00:40 WIB

Inilah Barang-Barang yang Digunakan Nabi Muhammad Ketika Tidur

Nabi Muhammad biasa tidur dari tikar anyaman daun kurma.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Nabi Muhammad. Inilah Barang-Barang yang Digunakan Nabi Muhammad Ketika Tidur
Foto: Republika
Ilustrasi Nabi Muhammad. Inilah Barang-Barang yang Digunakan Nabi Muhammad Ketika Tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah barang-barang yang digunakan Rasulullah dalam aktivitas sehari-hari tak luput dari rekaman abadi yang tertuang di dalam sejumlah hadits. Termasuk salah satunya mengenai barang-barang apa saja yang digunakan beliau di saat tidur.

Abdul Fattah As-Samman dalam buku Harta Nabi menjelaskan, Nabi menggunakan sejumlah barang yang difungsikan untuk tidur. Misalnya sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah, “Tempat Rasulullah biasa berbaring tidur terbuat dari tikar anyaman daun kurma,”.

Baca Juga

Sedangkan berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah, dia berkata, “Ketika aku berbaring bersama Rasulullah dalam satu selimut, tiba-tiba aku mengalami menstruasi. Sehingga aku pun keluar secara perlahan mengambil pakaian yang terkena darah haidku. Rasulullah bertanya kepadaku, ‘Apakah kamu sedang haid?’ Aku menjawab, ‘Ya’. Rasulullah kemudian memanggilku lalu aku berbaring lagi bersama beliau dalam satu selimut,”.

Dijelaskan pula bahwa tikar Nabi yang pada era sekarang barangkali menyerupai alas ranjang. Sedangkan alas ranjang mempunyai papan dan tiang penyangga.

Muhammad bin Umar berkata, “Para sahabat kami berkumpul di Madinah. Mereka tidak berbeda pendapat mengenai ranjang Nabi bahwa papan-papannya dibeli Abdullah bin Ishaq Al-Ishaqi dari mawali Muawiyah bin Abu Sufyan. Dia membeli papan-papan ranjang Nabi seharga 4.000 dirham,”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement