Jumat 28 Jan 2022 18:18 WIB

Jokowi Pastikan Faskes Siap Hadapi Kenaikan Kasus Covid-19

Pasien Covid yang tidak mengalami gejala cukup isolasi mandiri 5 hari di rumah.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham Tirta
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Pertamina
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, pemerintah telah melakukan perbaikan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan guna menghadapi lonjakan kasus Covid-19, terutama varian omicron. Persiapan fasilitas kesehatan ini disesuaikan dengan karakteristik omicron yang berbeda dari varian Covid-19 lainnya, salah satunya yakni melalui layanan telemedicine aplikasi layanan kesehatan.

"Belajar dari lonjakan kasus varian omicron yang sudah terjadi terlebih dahulu di berbagai negara, pemerintah sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapinya," kata Jokowi dalam keterangan pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (28/1).

Baca Juga

Jokowi mengatakan, penanganan terhadap pasien dengan varian omicron juga berbeda. Tak semua kasus Covid-19 varian omicron membutuhkan layanan langsung karena gejalanya tidak membahayakan.

Yang paling penting, kata dia, meminimalkan kontak untuk mencegah penyebaran yang lebih luas. Jokowi melanjutkan, jika masyarakat mendapatkan hasil positif dari tes PCR, namun tak mengalami gejala, maka dapat melakukan isolasi mandiri di rumah selama lima hari.

Sedangkan jika mengalami gejala batuk dan pilek atau gejala demam, dapat memanfaatkan layanan telemedicine atau mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan terdekat. Menurut dia, langkah ini dapat membantu mengurangi beban fasilitas kesehatan seiring dengan peningkatan jumlah kasus positif saat ini.

"Ini penting agar fasilitas kesehatan kita dapat lebih fokus menangani pasien dengan gejala berat maupun pasien-pasien penyakit lain yang membutuhkan layanan intensif," ungkapnya.

Presiden pun meminta seluruh masyarakat agar tetap tenang dan tak panik menghadapi kenaikan kasus Covid-19 saat ini. Ia mengingatkan agar protokol kesehatan tetap terus dijalankan dan mengurangi kegiatan yang tak mendesak.

"Saya mengajak saudara sekalian menjaga kesehatan diri masing-masing sebaik-baiknya untuk meningkatkan imunitas," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement