Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

5 Tips Mengenakan Jam Tangan untuk Penampilan Lebih Menarik

Jumat 28 Jan 2022 20:03 WIB

Red: Christiyaningsih

Jam tangan bisa meningkatkan citra diri dan persona di hadapan orang lain. (Ilustrasi)

Jam tangan bisa meningkatkan citra diri dan persona di hadapan orang lain. (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Jam tangan bisa meningkatkan citra diri dan persona di hadapan orang lain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dari gaya berpakaian, bersikap dan berbicara, Anda bisa meningkatkan citra diri dan persona di hadapan orang lain. Namun, tahukah Anda mengenakan aksesoris yang tepat, termasuk memilih jam tangan pria yang sesuai, juga bisa memberikan nilai tambah tersendiri untuk mendapatkan kredit lebih dari orang lain di sekitar Anda?

 

Baca Juga

Aksesoris pakaian yang Anda kenakan pastinya ikut memberikan nilai tambah untuk menambah daya tarik yang Anda miliki. Jika ingin mendapatkan kesan yang tepat dari orang lain, aksesoris yang dikenakan pun juga harus tepat. Ikat pinggang dan sepatu misalnya, yang mana Anda harus bisa menyesuaikan satu sama lain agar bisa cocok dikenakan. Pun demikian dengan jam tangan.

 

Secara teknis, Anda memiliki kebebasan mengenakan jam tangan apa pun di setiap kegiatan yang dijalani. Namun, bagi mereka yang menghormati etika yang bagus dan gaya yang berkelas, menyesuaikan jam tangan pria yang Anda kenakan bisa membedakan antara Anda sebagai pria biasa atau lelaki sejati. Yang patut diingat adalah, jam tangan adalah aksesoris, dan aksesoris seharusnya bisa meningkatkan citra diri Anda.

 

Lalu bagaimana cara menggunakan jam tangan yang tepat? Anda bisa melihat tipsnya di bawah ini.

 

Senadakan Warna Jam Tangan & Pakaian

Menyesuaikan jam tangan dengan pakaian yang Anda kenakan dan aktivitas yang akan Anda lakukan tidak bisa dikatakan sulit. Untuk aktivitas di dalam ruang, untuk acara semi formal atau formal, Anda bisa memilih menggunakan jam tangan bergaya resmi.

 

Anda juga bisa memperhatikan bahan yang digunakan pada material lain. Jika sepatu dan ikat pinggang terbuat dari kulit, sangat direkomendasikan memilih jam tangan dengan strap yang juga dari kulit. Sesuaikan pula antara warna strap jam tangan dan sepatu serta ikat pinggang.

 

Perhatikan pula elemen logam yang ada pada aksesoris pakaian Anda. Jika dominan dengan warna silver atau emas, sesuaikan juga warna jam tangan Anda dengan warna-warna tersebut.

 

Gunakan Jam Tangan Sesuai dengan Aktivitas yang Dilakukan

Memilih jam tangan juga harus disesuaikan dengan aktivitas yang bakal dilakukan. Menggunakan jam tangan diving tentunya relatif tidak terlihat cocok digunakan di acara resmi, bukan?

 

Anda hanya harus memastikan aktivitas apa yang akan Anda lakukan dan acara seperti apa yang Anda kunjungi. Jika acaranya kasual, tidak ada salahnya menggunakan jam tangan dengan gaya casual. Namun jika mengunjungi acara resmi, jam tangan bergaya dress watch tentunya akan lebih pas untuk digunakan untuk meningkatkan citra diri di hadapan orang lain.

 

Ketahui Penggunaan Jam Tangan yang Tepat

Tidak sedikit yang masih bingung di pergelangan tangan yang mana harus meletakkan jam tangan yang Anda miliki, dan bagaimana cara memasang jam tangan yang tepat. Dari sejumlah sumber, ada satu konsensus yang menyatakan bahwa jam tangan seharusnya dipasang di pergelangan tangan yang tidak dominan digunakan.

Maksudnya, jika Anda termasuk yang suka melakukan banyak hal dengan menggunakan tangan kanan, maka jam tangan seharusnya dipasang di pergelangan tangan bagian kiri, dan demikian juga sebaliknya. Jika Anda orang yang cenderung kidal, maka jam tangan bisa dipasang di pergelangan tangan sebelah kanan.

 

Logikanya di sini adalah jam tangan yang Anda kenakan diharapkan tidak terlalu mengganggu dalam setiap aktivitas yang Anda lakukan. Namun di lain sisi, Anda tetap bisa mengetahui waktu dengan tepat.

 

Cara Mengenakan Jam Tangan yang Tepat

Cara memasang jam tangan juga tidak bisa sembarangan. Anda tidak boleh memasang jam tangan terlalu erat karena bisa menghambat peredaran darah, yang pada akhirnya memunculkan ketidaknyamanan dan mengakibatkan gangguan kesehatan.

 

Jam tangan yang Anda kenakan juga harus berada di bagian ulna (tulang di bagian luar pada pergelangan tangan). Jam tangan juga tidak harus selalu muncul dari lengan baju panjang saat Anda berdiri dengan normal. Jam tangan seharusnya hanya akan terlihat jika Anda menekuk lengan.

 

Perhatikan Model Jam Tangan yang Dikenakan

Anda harus mengetahui tipe jam tangan yang Anda miliki sehingga nantinya bisa menentukan kapan dan di mana harus mengenakannya. Setidaknya ada sepuluh tipe dan gaya yang ditawarkan jam tangan pria saat ini, mulai dari jam saku, dress watch, jam tangan lapangan, jam tangan penerbang, jam tangan diving, jam tangan racing, jam tangan digital, smartwatch, hingga jam tangan fesyen. Setiap jam di atas memiliki karakternya masing-masing yang menjadikannya bisa sesuai digunakan di acara dan momentum yang tepat.

 

Memiliki field watch atau jam tangan lapangan bisa menjadi pilihan paling aman untuk Anda yang tidak ingin terlalu ribet memikirkan berganti jam di setiap situasi. Secara kualitas dan karakter jam yang ditawarkan, jam tangan ini menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Bahan yang digunakan juga baik, baik strap maupun body jam secara keseluruhan.

Sudah tahu tips memilih dan mengetahui cara menggunakan jam tangan pria dengan baik, bukan? Jika anda tertarik memiliki jam tangan pria, apapun tipe dan gaya yang inginkan, Anda selalu bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga, kualitas dan warna yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA