Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Apple Luncurkan OS Beta Baru, Bisa Pakai Face ID Meski Pakai Masker

Jumat 28 Jan 2022 16:04 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Ponsel iPhone / Ilustrasi

Ponsel iPhone / Ilustrasi

Foto: Flickr
Face ID yang mengenali masker menjadi fitur yang banyak diminta sejak awal pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apple baru saja merilis Operating System (OS) baru yang menghadirkan sejumlah fitur baru. iOS Beta 15.4 memberikan kemampuan untuk membuka kunci ponsel dengan Face ID saat mengenakan masker. Sementara iOS 15.4 pada iPad dan Mac 12.3 memberikan fitur yang tertunda, yaitu Universal Control atau Kontrol Universal.

Face ID yang mengenali masker menjadi fitur yang banyak diminta sejak awal pandemi. Pada April 2020 lalu, sebuah fitur pertama kali yang dilaporkan akan menjatuhkan pengguna ke layar input kata sandi ketika ponsel mengenali masker. Februari lalu, beta pengembang iOS 14.5 menghadirkan kemampuan untuk membuka kunci ponsel Apple Watch yang terhubung.

Baca Juga

Versi beta baru dari sistem operasi akhirnya memberikan fitur yang diminta orang. Setelah diaktifkan, ponsel akan menggunakan fitur di sekitar mata untuk menentukan apakah itu pengguna yang tepat. Namun, tanpa keseluruhan wajah, pembacaannya kurang akurat dan berpotensi kurang aman.

Dilansir TechCrunch, Jumat (28/1), sementara itu pada iPad dan Mac, perusahaan akhirnya meluncurkan versi beta Universal Control. Fitur tersebut banyak diminta orang pada tahun lalu dan mengalami penundaan yang signifikan.

Universal Control merupakan fitur semacam alternatif Sidecar, yang akan secara otomatis berbagi kursor mouse dan keyboard antara Mac dan iPad. Pengguna juga dapat mengambil konten di satu perangkat dan menyeret serta melepaskannya di antara mesin.

Yang juga baru di iOS adalah sejumlah emoji tambahan, termasuk tangan hati, bibir menggigit, dan ibu hamil. Versi beta tersedia mulai Kamis (27/1) dan belum ada informasi tentang ketersediaan konsumen akhir.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA