Jumat 28 Jan 2022 14:09 WIB

Universitas Brawijaya Peringkat Tiga PTN Terbaik se-Indonesia dan 42 se-Asia

UniRank memiliki sejumlah syarat agar perguruan tinggi dapat menjalani pemeringkatan

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Gedung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FHUB).
Foto: Humas UB
Gedung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FHUB).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Prestasi baru saja dicapai oleh Universitas Brawijaya (UB) pada akhir Januari 2022. Kampus yang berada di Kota Malang ini mampu mendapatkan peringkat tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) secara nasional dan posisi ke-42 se-Asia dalam lembaga pemeringkatan internasional 2021 Indonesian University Ranking (UniRank)

Ketua Pusat Pemeringkatan UB, Adharul Muttaqin, menjelaskan, UniRank yang sebelumnya 4ICU ini menggunakan algoritma dari lima metrik web dalam penilaian pemeringkatannya. Kelima aspek tersebut antara lain Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains dan Majestic Seo Citation Flow. "Serta Majestic Seo Trust Flow dalam melakukan pemeringkatan secara umum," kata Adharul di Kota Malang, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga

Menurut Adharul, UniRank memiliki sejumlah syarat agar perguruan tinggi dapat  menjalani pemeringkatan. Kampus harus terakreditasi oleh badan akreditasi pendidikan tinggi yang resmi. Kemudian wajib memiliki program gelar sarjana dan pascasarjana, serta mempunyai perkuliahan utama dalam bentuk tatap muka.

Untuk diketahui, 4ICU merupakan situs pemeringkatan perguruan tinggi internasional berbasis traffic web atau berbasis web metrics. Hal ini bisa dikatakan termasuk ranking website perguruan tinggi yang tidak secara langsung menggambarkan kualitas akademiknya. 

Adapun 10 PTN Indonesia yang masuk kategori terbaik se-Asia versi UniRank antara lain Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Brawijaya (UB). Selanjutnya, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Lalu ada pula IPB, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjadjaran (Unpad) dan UNNES.

Sebelumnya, UB menduduki peringkat 1201+ dunia dan keenam di Indonesia pada pemeringkatan internasional Times Higher Education World University Rankings (THE WUR). Penilaian ini berdasarkan academic reputation, employer reputation dan faculty student ratio. "Kemudian juga citations per faculty, international faculty dan international students," jelasnya.

Sementara itu, pada pemeringkatan internasional Webometrics, UB berada di peringkat empat nasional. Pemeringkatan ini berdasarkan tiga indikator yang telah ditentukan oleh lembaga pemeringkatan. Ketiga indikator tersebut, yakni web content impact atau visibility, openness atau transparency dan excellence atau scholar.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement