Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Pemkot Bandung Siapkan Tempat Isoman di Setiap Kecamatan

Jumat 28 Jan 2022 06:09 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Foto: Dok Pemkot Bandung
Lokasi isoman ini disiapkan karena kasus Covid-19 di Kota Bandung mulai naik lagi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiapkan tempat isolasi mandiri (isoman) di tiap kecamatan mengantisipasi kasus Covid-19 yang terus mengalami kenaikan. Keberadaan tempat isoman diharapkan dapat mengurangi angka kunjungan pasien ke rumah sakit.

"Seperti dulu Juni-Juli (saat kasus Covid-19 meningkat, Red) 30 kecamatan siap (tempat isoman)," ujar pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan tempat isoman di tiap kecamatan diharapkan dapat mengurangi angka kunjungan pasien yang terpapar Covid-19 ke rumah sakit. Terlebih gejala yang timbul akibat varian Omicron relatif lebih ringan. "Informasi dari pusat, Omicron relatif bergejala ringan, isolasi mandiri di kewilayahan supaya tidak membebani rumah sakit," katanya.

Ia mengatakan apabila masyarakat yang melakukan tes di puskesmas dinyatakan positif Covid-19, maka akan segera diarahkan untuk isolasi mandiri di kecamatan. Sejumlah fasilitas obat dan makanan dipersiapkan untuk mereka yang menjalani isolasi.

"Sebisa mungkin tidak di rumah (isolasi) bisa di kewilayahan. Fasilitas obat pasti makanan disiapkan insya Allah," katanya.

Data pada laman pusat data dan informasi Covid-19 Kota Bandung menunjukan tren kenaikan kasus. Hingga Kamis (27/1/2020) kemarin terdapat 227 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA