Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Dekranasda Pontianak Gandeng Tokopedia dan DANA

Jumat 28 Jan 2022 02:50 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Pekerja menyelesaikan pengemasn paket Tokopedia (ilustrasi). Dekranasda Pontianak menggandeng Tokopedia.

Pekerja menyelesaikan pengemasn paket Tokopedia (ilustrasi). Dekranasda Pontianak menggandeng Tokopedia.

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Kerja sama ini diharapkan membawa UMKM Pontianak mengakases pasar lebih luas.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Dekranasda Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menggandeng Tokopedia dan DANA melalui kerja sama digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota itu.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah PT Tokopedia, Emmiryzan, mengatakan, Tokopedia mendukung Dekranasda Kota Pontianak dengan menyediakan sebuah toko resmi khusus di Tokopedia. "Nantinya toko resmi Dekranasda Kota Pontianak ini akan memasarkan produk-produk unggulan dari pengrajin UMKM di Kota Pontianak.

Baca Juga

"Ini agar UMKM di Kota Pontianak bisa mengakses ke pasar yang lebih luas di seluruh Indonesia melalui Tokopedia," Emmiryzan usai penandatanganan MoU antara Dekranasda Kota Pontianak dengan PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) dan PT Tokopedia di Ruang Pontive Center Pontianak, Kalbar, Kamis (27/1/2022).

Selain dukungan dengan menyediakan toko resmi khusus, Tokopedia juga membantu melalui program Kelas Maju Digital untuk membantu UMKM agar bisa masuk ke digital dengan lebih baik.

Chief of People and Corporate Strategy Officer DANA Indonesia Agustina Samara menilai Kota Pontianak memiliki potensi dengan kekayaan kuliner dan UMKM yang potensial untuk dikembangkan di era digital seperti sekarang ini. "DANA akan membantu Kota Pontianak untuk mendigitalisasi perekonomiannya baik melalui pelatihan UMKM, maupun pemakaian dan pemasaran produk UMKM dan seluruh program di Kota Pontianak agar bisa lebih berkembang baik makro maupun mikro," kata Agustina.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie Kamtono menjelaskan, kerja sama ini untuk pengembangan perajin melalui platform digital, edukasi pembayaran secara digital, pelatihan dan pengembangan kapasitas UMKM serta pemasaran produk UMKM di bawah binaan Dekranasda Kota Pontianak. Dia berharap kerja sama yang terjalin ini menjadi motivasi bagi UMKM di masa pandemi Covid-19 dengan keterbatasan ruang dan gerak.

"Sehingga kehadiran Tokopedia dan Dana sebagai penyedia aplikasi marketplace dan e-money ini sangat membantu pelaku UMKM untuk lebih leluasa berekspresi dan berinovasi melalui kedua platform tersebut," ujar Yanieta.

Ia menambahkan, adanya kesepakatan dengan kedua platform aplikasi itu diharapkan membantu sektor UMKM dalam pemasaran produk-produknya maupun dalam sistem pembayaran nontunai. Namun demikian yang menjadi tantangan Dekranasda adalah bagaimana terus memperbaiki, menjaga dan memotivasi UMKM agar produknya lebih berkualitas.

"Sehingga bisa dipasarkan di marketplace Tokopedia dan Dana," ungkapnya.

Selain kerja sama tersebut, lanjutnya, kedua platform itu juga membantu dalam memberikan pelatihan, mulai dari pemasaran, mengatur pola keuangan UMKM dan sebagainya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA