Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Pasien Covid-19 tanpa Gejala dan Gejala Ringan Bisa Isoman di Rumah

Jumat 28 Jan 2022 02:45 WIB

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fuji Pratiwi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi mengatakan, pasien Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi mengatakan, pasien Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Foto: Antara/Galih Pradipta
Bila rumah memadai untuk isoman maka akan diarahkan untuk isolasi terpusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kondisi terkini Rumah Sakit di Indonesia. Total, 70.641 tempat tidur telah disiapkan oleh pemerintah.

"Per Rabu (26/1), total tempat tidur yang terpakai sebanyak 7.688, untuk ruang ICU sebanyak 432. Jadi dari 70.641 yang siap pakai, baru terpakai belum sampai 10 persen, jadi masih banyak kapasitas ruang isolasi yang tersedia," kata Budi dalam Konferensi Pers secara daring, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga

Bahkan, lanjut Budi, bila nantinya ada lonjakan kasus, kapasitas maksimal yang tersedia sekitar 120 ribu hingga 130 ribu. "Kapasitas tempat tidur isolasi yang 70.000 gitu, itu adalah yang sekarang pada saat kemarin di bulan Juli kita kan tinggi, tempat tidur isolasi kita bisa dinaikkan sampai akan sekitar 120 ribu - 130 ribu untuk kapasitas nasional," tuturnya.

Saat ini, lanjut Budi, untuk pasien tanpa gejala atau gejala ringan disarankan untuk menjalani perawatan di rumah atau isolasi mandiri. Bila tempat tinggal tidak memadai untuk isoman maka akan diarahkan untuk menjalani isolasi terpusat.

Kementerian Kesehatan RI juga menyediakan layanan telemedisin Isoman (Isolasi Mandiri) bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron. Melalui layanan tersebut pasien bisa mendapatkan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA