Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Petuah Sufi: Mencerna Makna Inspirasi

Gaya Hidup | Thursday, 27 Jan 2022, 22:58 WIB
Ilustrasi. Dok. Pixabay. Inspirasi. Retizen

petuah sufi: Inspirasi

***

Inspirasi adalah bagian dari cahaya ketuhanan. inspirasi tidak hanya mekanisme psikologis, sebab semua sistem kerja setiap peristiwa telah dibenamkan dalam komunikasi jiwa, dalam refleksi mental.

Pandangan jiwa menyoroti seluruh penjuru ruang inspirasi yang bisa dipetik oleh siapapun sesuai minat dan kesanggupannya.

Dalam ruang itu ada beragam kemungkinan tindakan pikiran. ada motif dan harapan harapan.

Tentulah, inspirasi seorang penyair tak akan tertukar dengan inspirasi seorang pemusik, penulis atau pelukis, atau bahkan politikus.

Inspirasi seperti sekerlip cahaya keemasan di pikiran, menghidupkan persepsi dan gambaran gambaran yang bisa diwujudkan kemudian.

Dan inspirasi telah memberinya gairah, memenuhi daya hidup.

Seorang yang betul betul terinspirasi akan tenggelam dalam bidang itu sekali waktu atau selamanya, atau ia akan selalu tertarik akan semua hal yang disampaikan padanya, atau seorang tadi menyimak sempurna setiap pembicaraan apapun dengan segenap perasaan dan konsentrasi, tanpa keterpaksaan.

Inspirasi tak bisa dimunculkan dari luar, ia terbit dari reaksi gelombang jiwa, bagian dari interaksi jiwa. inspirasi datang dengan utuh dan sempurna. Adapun ilham adalah sekumpulan inspirasi yang lebih utuh.

Hanya saja, pikiran dan pengalaman pengalaman akan memproduksi inspirasi itu sebagai jalan kebaikan atau sebaliknya.

*****

*sebagian kecil diadaptasi secara bebas dari kumpulan ceramah sufistik, sir inayat khan. pustaka hidayah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image