Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Jenis Karbohidrat Ini Justru Bantu Turunkan Berat Badan

Kamis 27 Jan 2022 20:43 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Karbohidrat yang justru bisa membantu Anda menurunkan berat badan,salah satunya ubi jalar. (ilustrasi)

Karbohidrat yang justru bisa membantu Anda menurunkan berat badan,salah satunya ubi jalar. (ilustrasi)

Foto: Pixabay
Ubi jalar termasuk karbohidrat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan diet sehat, ada baiknya Anda memulainya dengan mengevaluasi asupan makanan harian. Dilansir di laman Parade pada Kamis (27/1/2022), di antara makanan pokok yang paling umum adalah makanan yang mengandung banyak pasokan karbohidrat kompleks.

Apakah yang dimaksud karbohidrat kompleks? Apa yang terbaik untuk menurunkan berat badan? Berikut tujuh karbohidrat yang dapat menurunkan berat badan: 

Baca Juga

1. Biji gandum 

Ini adalah pilihan tepat bagi mereka yang mengikuti pola makan nabati atau bebas gluten. Selain menjadi karbohidrat kompleks, quinoa juga mengandung protein lebih tinggi yang akan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

2. Kacang hitam

Kacang hitam adalah tambahan yang mudah untuk banyak hidangan dan menambahkan sejumlah besar serat untuk membantu sistem pencernaan Anda. Meskipun kacang hitam adalah pilihan karbohidrat kompleks yang bagus, pastikan saat membeli kacang hitam kalengan Anda memilih merek yang rendah sodium.

3. Oatmeal

Memulai hari Anda dengan semangkuk oatmeal untuk sarapan adalah langkah yang cerdas. Sebagian karena kandungan seratnya membantu Anda merasa kenyang dan berenergi untuk waktu yang lama. 

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta glukan yang membentuk zat seperti gel melalui pencernaan, memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah, dan membantu mengurangi resistensi insulin. Oatmeal juga bertindak sebagai prebiotik untuk bakteri sehat di usus.

4. Ubi

Ubi jalar berukuran sedang memiliki sekitar empat gram serat dapat mendukung manajemen berat badan karena serat larutnya yang kental. Selain itu, dapat membantu Anda kenyang dengan cepat dan membuat Anda kenyang lebih lama. Seperti gandum, ubi jalar juga merupakan sumber pati resisten, sejenis serat fermentasi yang tidak dapat dicerna yang dapat bermanfaat bagi kesehatan usus.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA