Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Saatnya Berburu Tiket Piala Dunia Basket 2023, Penggemar Basket Indonesia Sudah Siap?

Kamis 27 Jan 2022 22:37 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar

Para pemain timnas basket putra Indonesia saat melawan Lebanon di FIBA World Cup 2023 Qualifiers.

Para pemain timnas basket putra Indonesia saat melawan Lebanon di FIBA World Cup 2023 Qualifiers.

Foto: FIBA ASIA
Indonesia bersama Jepang dan Filipina sudah diputuskan FIBA menjadi tuan rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Penggemar basket Indonesia pada tahun 2023 nanti tidak harus ke luar negeri, khususnya ke Amerika untuk sekadar menyaksikan pebasket kelas dunia. Pasalnya Indonesia bersama Jepang dan Filipina sudah diputuskan FIBA menjadi tuan rumah bersama kejuaraan basket paling bergengsi di dunia.

Akan ada 12 pertandingan yang rencananya akan digelar 25 Agustus hingga 3 September 2022 di Venue Gelora Bung Karno Indoor Multifunction Stadium, yang saat ini sedang dalam pembangunan.

Belum diketahui negara mana saja yang nantinya akan bermain di Jakarta. Pasalnya hingga saat ini kualifikasi memperebutkan tempat di FIBA World Cup 2023 masih berlangsung. Termasuk Indonesia yang masih berjuang agar bisa lolos.

Harapan pecinta basket tanah air pastinya Indonesia bisa lolos. Sehingga kita bisa mendukung langsung para pemain terbaik yang kita miliki bersaing dengan para pebasket mancanegara.

Namun kalaupun takdir menetapkan Indonesia tidak lolos. Para penggemar basket dapat menyaksikan pemain dunia yang akan membela negaranya bersaing menjadi juara dunia. Juara piala dunia basket 2019 di Beijing adalah Spanyol yang mengalahkan Argentina di partai puncak.

Dari 32 negara yang akan ambil bagian. Harapan tertinggi pastinya kita ingin Amerika Serikat yang tahun 2019 lalu gagal bersinar mendapat undian bermain di Jakarta.

Kalaupun Amerika tidak bermain di Jakarta, kita sudah sangat beruntung jika negara seperti Prancis yang memiliki Rudy Gobert, Australia ada Patty Mills, Serbia ada Nikola Jokic atau Slovenia dengan bintang barunya Luka Doncic bermain di Jakarta nantinya.

Sambil menunggu negara mana saja yang lolos dan yang akan bermain di Jakarta negara amana saja. Bersiaplah untuk berburu tiket yang pastinya harganya tidaklah murah. Rencananya mulai 1 Maret 2022 Indonesia Siap Jual Tiket Pre-Sale Piala Dunia Basket 2023 di Jakarta.

Tiket dalam jumlah terbatas dan masuk kategori "VENUE PASS - Phase 1” (Fase Grup – Putaran 1) - Indonesia, di Jakarta akan tersedia untuk pra-penjualan mulai 1 Maret 2022. Informasi mengenai tiket lainnya akan tersedia pada Agustus 2022, setahun sebelum event berlangsung.

Selain itu, jika para penggemar basket sudah terdaftar dalam "Win For All Team" fan club melalui situs resmi Piala Dunia FIBA 2023, maka pecinta basket akan mendapatkan akses prioritas untuk membeli tiket lebih awal, sejak 27 Februari 2022.

Tersedia 150 tiket pre-sale terusan untuk semua pertandingan fase grup di Jakarta dan terbagi dalam tiga kategori, dengan 12 Game per kategori dengan harga bervariasi. Untuk VENUE PASS – Phase 1 kategori pertama dengan harga @Rp 27 juta, lalu ketegori kedua Rp 21,6juta, dan kategori ketiga @Rp 8,1jt.

"Karena pengumuman penjualan ini serentak dilakukan di tiga negara tuan rumah Piala Dunia Basket 2023, maka ini momen penting bagi pecinta basket di Indonesia untuk mendapatkan tiket lebih awal. Ini kesempatan langka bagi penggemar untuk menyaksikan bintang-bintang basket dunia berlaga di Jakarta," ujar Ketua Panpel FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah di Jakarta, Kamis (27/1).

Timnas Indonesia sendiri memiliki dua opsi untuk bisa lolos ke Piala Dunia Basket 2023. Opsi pertama yang saat ini sedang diikuti yakni kualifikasi FIBA World Cup 2023. Indonesia sudah dua kali bermain melawan Lebanon, dimana keduanya kita kalah.

Akhir Februari nanti tepatnya 24 dan 27 Februari 2022. Timnas akan kembali berjuang yakni melawan Arab Saudi dan Jordania. Peluang menang lebuh besar saat lawan Arab Saudi.

Jika gagal lolos dari jalur kualifikasi FIBA World Cup 2023. Ada satu opsi lagi yakni melalui FIBA Asia Cup 2022 yang akan digelar pertengahan tahun ini di Istora Senayan Jakarta.

Indonesia harus menempati peringkat delapan Asia jika ingin lolos ke Piala Dunia 2023. Mari kita doakan yang terbaik untuk timnas Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA