Kamis 27 Jan 2022 19:48 WIB

Benarkah Keampuhan Hasbunallah Wa Nimal Wakil Hanya untuk Nabi?

Kalimat Hasbunallah Wa Nimal Wakil mempuyai keutamaan

Berdoa mengucapkan hasbunallah wanimal wakil.  (Ilustrasi). Kalimat Hasbunallah Wa Nimal Wakil mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa mengucapkan hasbunallah wanimal wakil. (Ilustrasi). Kalimat Hasbunallah Wa Nimal Wakil mempunyai sejumlah keutamaan

Oleh : Direktur Aswaja Center PWNU Jawa Timur, KH Ma'ruf Khozin

REPUBLIKA.CO.ID, — Di antara kalimat thayyibah adalah ucapan hasbunallah w animal wakil ﺣَﺴْﺒُﻨَﺎ اﻟﻠﻪُ ﻭَﻧِﻌْﻢَ اﻟﻮَﻛِﻴﻞُ.

Kalimat ini mempunya artinya, “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.”  

Baca Juga

Kalimat ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ali Imran 173-174:  

  الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ فَانْقَلَبُوا بِنِعْمَةٍ مِنَ اللَّهِ وَفَضْلٍ لَمْ يَمْسَسْهُمْ سُوءٌ وَاتَّبَعُوا رِضْوَانَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ ذُو فَضْلٍ عَظِيمٍ

 

(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung" (173). Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan Allah mempunyai karunia yang besar (174).”     

Doa ini dibaca Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad shalallahu alaihima wa sallam. Sebagaimana dalam riwayat Shahih Bukhari: 

ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ، ﺣﺴﺒﻨﺎ اﻟﻠﻪ ﻭﻧﻌﻢ اﻟﻮﻛﻴﻞ، «ﻗﺎﻟﻬﺎ ﺇﺑﺮاﻫﻴﻢ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺴﻼﻡ ﺣﻴﻦ ﺃﻟﻘﻲ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺭ، ﻭﻗﺎﻟﻬﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ» ﺣﻴﻦ ﻗﺎﻟﻮا: {ﺇﻥ اﻟﻨﺎﺱ ﻗﺪ ﺟﻤﻌﻮا ﻟﻜﻢ ﻓﺎﺧﺸﻮﻫﻢ ﻓﺰاﺩﻫﻢ ﺇﻳﻤﺎﻧﺎ، ﻭﻗﺎﻟﻮا: ﺣﺴﺒﻨﺎ اﻟﻠﻪ ﻭﻧﻌﻢ اﻟﻮﻛﻴﻞ} [ ﺁﻝ ﻋﻤﺮاﻥ: 173]  

Ibnu Abbas berkata bahwa doa tersebut dibaca oleh Ibrahim alaihis salam saat dilempar ke dalam api. Dan dibaca Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam ketika mereka berkata: 

"Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung".(QS Ali Imran ayat 173) 

Bagaimana dengan anggapan bahwa doa tersebut adalah doa sosok Nabi Ibrahim, makanya cepat terkabul? Anggapan seperti itu tidak betul. Sebab Allah mengabulkan doa dengan penuh kesungguhan. Seperti dalam hadits: 

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: «اﺩﻋﻮا اﻟﻠﻪ ﻭﺃﻧﺘﻢ ﻣﻮﻗﻨﻮﻥ ﺑﺎﻹﺟﺎﺑﺔ، ﻭاﻋﻠﻤﻮا ﺃﻥ اﻟﻠﻪ ﻻ ﻳﺴﺘﺠﻴﺐ ﺩﻋﺎء ﻣﻦ ﻗﻠﺐ ﻏﺎﻓﻞ ﻻﻩ»

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,”Berdoalah kepada Allah, percaya Allah akan mengabulkan. Ketahuilah Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lupa dan bermain-main." (HR Tirmidzi)  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement