Kamis 27 Jan 2022 18:45 WIB

Kompetisi Alquran King Abdulaziz akan Digelar September 2022

Total nilai hadiah di lima cabang kompetisi Alquran sekitar tiga juta riyal.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Pusat Alquran di Makkah. Kompetisi Alquran King Abdulaziz akan Digelar September 2022
Foto: Courtesy Arabnews.com
Pusat Alquran di Makkah. Kompetisi Alquran King Abdulaziz akan Digelar September 2022

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kompetisi Internasional Raja Abdulaziz ke-42 dijadwalkan akan diresmikan di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi antara 14 dan 25 Safar 1444 H atau bertepatan pada 10-21 September 2022. Digelar di bawah perlindungan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, kompetisi ini termasuk menghafal, membaca, dan tafsiran Alquran.

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (27/1/2022), kompetisi ini akan diselenggarakan di bawah organisasi dari Kementerian Agama Islam, Dakwah dan Bimbingan yang diwakili oleh Sekretariat Jenderal Kompetisi Alquran. Dengan total nilai hadiah di lima cabang sekitar tiga juta riyal, kompetisi ini diharapkan dapat menarik peserta dari seluruh dunia.

Baca Juga

Pada kesempatan tersebut, Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan yang juga Pengawas Umum kompetisi Syekh Abdullatif bin Abdulaziz Al Al-Sheikh menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Raja Salman atas minat dan perhatiannya terhadap Alquran.

Ia mengatakan kompetisi ini adalah perpanjangan dari apa yang telah ditawarkan Arab Saudi kepada umat Islam di seluruh dunia. Ia juga menyebut keberhasilan kompetisi ini mendorong umat Islam di seluruh dunia melalui perjalanannya selama lebih dari empat dekade dari kompetisi yang adil untuk menghafal Alquran.

Al-Sheikh juga menyoroti upaya Arab Saudi dalam menjaga dan memperhatikan penghafalan, pembacaan dan penafsiran Kitab Suci Islam. Dia mengatakan hadiah penghargaan tahun ini ditandai dengan peningkatan alokasi hadiah menjadi 2,7 juta riyal, dari 1,145 juta riyal pada sesi sebelumnya.

Di samping itu, ada penambahan kategori hafalan seluruh Alquran dalam tujuh bacaan, dalam upaya mengembangkan kompetisi yang mengusung nama mendiang pendiri Kerajaan ini. Al-Sheikh juga menekankan penghargaan akan diadakan sesuai dengan langkah-langkah pencegahan untuk mengekang penyebaran pandemi virus corona dan sesuai protokol yang dibuat oleh otoritas khusus. Dia meminta lembaga pemerintah, kementerian, asosiasi dan syekh Islam di dunia berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri melalui kedutaan Saudi untuk berpartisipasi dalam kompetisi di sesi terbaru ini.

https://saudigazette.com.sa/article/616343/SAUDI-ARABIA/42nd-King-Abdulaziz-International-Quran-Competition-in-September

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement