Kamis 27 Jan 2022 13:06 WIB

Masjid Terapung BJ Habibie di Kota Parepare Bisa Tampung 1.000 Jamaah

Pembangunan masjid untuk mengenang Presiden ke-3 RI yang lahir di Kota Parepare.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Maket Masjid Terapung BJ Habibie di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.
Foto: Dok Pemkot Parepare
Maket Masjid Terapung BJ Habibie di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, Masjid Terapung BJ Habibie siap menampung 1.000 jamaah dan menjadi pendukung sektor wisata religi di Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Hal tersebut dikemukakan Taufan Pawe menanggapi perkembangan pembangunan masjid untuk mengenang Presiden ke-3 RI yang lahir di Kota Parepare tersebut.

Dia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare sudah melakukan pemantauan progres pembangunan Masjid Terapung BJ Habibie di Jalan Mattirotasi, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare pada pekan lalu. Pembangunan tahap pertama sudah rampung, lanjut dia, tinggal menunggu tahap kedua sebagai penyelesaian akhir.

Baca Juga

Menurut dia, pembangunan itu mendapat perhatian serius, karena di dalamnya bukan hanya terkait hanya keindahan masjid, tapi fungsi masjid sebagaimana mestinya harus terimplementasi dengan baik. "Pembangunan masjid ini menggunakan anggaran reward dana insentif daerah (DID) dan sudah rampung untuk tahap pertamanya," katanya di Kota Parepare, Kamis (27/1/2022).

Sementara tahap kedua dengan perpanjangan 50 hari dari awal tahun sementara berproses. Masjid Terpung BJ Habibie dibangun menjulang setinggi 85 meter tak jauh dari tanggul Pantai Mattirotasi dengan menggunakan 300 tiang pancang.

Kehadiran Masjid Terapung ini, ungkap Taufan, akan memperkuat identitas Parepare sebagai kota santri dan ulama ke depan. Hal itu sekaligus menjadi daya tarik wisata religi yang dapat mendorong roda perekonomian masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement