Kamis 27 Jan 2022 15:23 WIB

Ratusan Ribu Batuan Luar Angkasa Tertimbun di Antartika?

Hampir semua meteorit Antartika yang ditemukan berasal dari daerah es biru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah kapal menembus es di laut Antartika.
Foto: EPA
Sebuah kapal menembus es di laut Antartika.

REPUBLIKA.CO.ID, ANTARTIKA -- Studi baru menemukan program kecerdasan buatan (AI) menunjukkan mungkin ada ratusan ribu meteorit yang tersisa di bidang es Antartika. Hampir dua pertiga dari semua meteorit yang ditemukan di Bumi berasal dari Antartika.

Sifat dingin dan kering dari benua beku membantu melestarikan batuan luar angkasa ini. Warna gelap dari batu-batu ini membuatnya menonjol dari es dan salju.

Baca Juga

Meteorit pada mulanya merupakan bagian dari benda-benda planet. Batuan luar angkasa ini telah menghasilkan banyak petunjuk berharga tentang sifat, asal-usul, dan evolusi tata surya lainnya.

Dilansir dari Space, Kamis (27/1/2022), ketika meteorit jatuh di Antartika, meteorit biasanya mendarat di daerah yang tertutup salju yang mencakup 98 persen benua. Seiring waktu, salju menumpuk di sana, memadatkan dan menjadi es, menyematkan batuan luar angkasa ini di dalam lapisan es yang mengalir ke tepi benua.

Sebagian besar meteorit Antartika yang terperangkap es berakhir di lautan. Namun, beberapa dari mereka terkonsentrasi di permukaan lapisan es ini di area “es biru”, di mana angin dan faktor lain dapat menghasilkan es kosong dengan rona biru.

Jika cara es Antartika mengalir dan fitur lain dari iklim dan medan benar, meteorit dapat tetap terpapar di permukaan es biru, di mana para peneliti dapat dengan mudah memulihkannya selama misi lapangan. Hampir semua meteorit Antartika ini ditemukan dari daerah es biru.

Banyak daerah es biru kaya meteorit yang dikenal saat ini ditemukan hanya karena keberuntungan dan pengalaman masa lalu dalam misi pengintaian yang mahal. Sekarang para ilmuwan telah mengembangkan strategi baru berdasarkan AI.

“Kami menemukan beberapa daerah yang belum dijelajahi dengan potensi besar untuk menemukan meteorit,” kata penulis utama studi Veronica Tollenaar, ahli glasiologi di Free University of Brussels di Belgia, kepada Space.com.

Dalam studi baru, para peneliti memiliki perangkat lunak AI yang menganalisis data satelit dari seluruh permukaan Antartika. Tujuan mereka adalah untuk mengidentifikasi zona yang paling mungkin menampung meteorit yang belum ditemukan di benua beku berdasarkan kesamaan mereka dengan area, di mana para ilmuwan sebelumnya telah menemukan batuan luar angkasa. Mereka berfokus pada data optik, termal, dan radar fitur permukaan seperti suhu, kemiringan, dan kecepatan es.

Program AI secara akurat mengidentifikasi hampir 83 persen zona Antartika yang kaya meteorit. Secara keseluruhan, ia mengidentifikasi lebih dari 600 zona berpotensi kaya meteorit di benua itu.

“Dengan mengunjungi lokasi-lokasi ini dan menggunakan teknik pemulihan baru di lapangan, seperti survei dengan drone, kita akan memasuki era baru misi pemulihan meteorit Antartika,” kata Tollenaar.

Temuan baru menunjukkan bahwa lebih dari 45.000 meteorit yang ditemukan hingga saat ini dari Antartika hanya terdiri dari lima persen hingga 13 persen dari semua meteorit di sana. “Perhitungan kami menunjukkan bahwa lebih dari 300.000 meteorit masih ada di permukaan lapisan es. Potensinya tetap besar,” ujar Tollenaar.

Mengingat bahwa program AI mereka tidak 100 persen akurat, peneliti terkadang pergi ke situs yang menurut perangkat lunak menjanjikan dan tidak menemukan meteorit apa pun. Namun, meskipun misi yang gagal akan terbukti mengecewakan, data mereka diharapkan akan membantu menyempurnakan AI untuk membuatnya lebih baik di masa depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement