Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Mahasiswa ITB Diajak Pelajari Kereta Cepat Jakarta Bandung

Rabu 26 Jan 2022 21:57 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ilham Tirta

Foto udara suasana proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Foto udara suasana proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Proyek kereta cepat akan mulai uji coba pada akhir 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Kereta Api Cepat Indonesia China (KCIC) mengajak mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mempelajari pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung. Proyek yang direncanakan akan mulai uji coba pada akhir tahun 2022 ini, bertepatan dengan pelaksanaan KTT G-20 yang diselenggarakan di Indonesia.

Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis PT KCIC, Allan Tandiono mengatakan, pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung hingga Desember tahun 2021 telah mencapai 79,9 persen. Jarak tempuh kereta cepat Jakarta Bandung hanya membutuhkan waktu 35 menit.

Baca Juga

"Kereta paling cepat yang ada di Indonesia beroperasi dengan kecepatan 110 km/jam. Kereta Cepat Jakarta Bandung nanti bisa mencapai kecepatan 350 km/jam dan jalur ditempuh hanya 35 menit," ujarnya melalui keterangan yang diterima saat kuliah umum di ITB bertema "Membangun Masa Depan Transportasi Modern Indonesia, Rabu (26/1/2022).

Ia mengatakan, uji coba direncanakan pada akhir tahun 2022 dan ditargetkan pada saat pelaksanaan KTT G-20. Sedangkan target secara keseluruhan diharapkan dapat beroperasi pada pertengahan tahun 2023, mendatang.

Sosok yang pernah terlibat dalam pembangunan MRT di Singapura dan Jakarta serta LRT ini, mengatakan jenis kereta yang akan beroperasi terinspirasi dari budaya Indonesia, yaitu batik dan satwa khasnya, yaitu Komodo. Allan mengajak mahasiswa turun langsung mempelajari proses pembangunan proyek yang saat ini masih dalam tahap kontruksi. Pembelajaran dilakukan agar ke depan Indonesia dapat melakukan kemandirian teknologi.

Rektor ITB, Prof Reini Wirahadikusumah mengatakan, pihaknya harus menjadi yang terdepan mengetahui informasi baru tentang Kereta Cepat Jakarta Bandung. Ia pun menyambut baik ajakan PT KCIC kepada ITB untuk terlibat dalam proyek tersebut.

"Kita harus menjadi salah satu yang pertama tahu tentang update kereta cepat dan mampu memberikan informasi kepada publik," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA