Kamis 27 Jan 2022 00:26 WIB

Universitas Lambung Mangkurat Siapkan Transisi Menuju BLU

Status menuju BLU kini tinggal menunggu ketetapan dari Kementerian Keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyiapkan masa transisi menuju pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU). Status menuju BLU kini tinggal menunggu ketetapan dari Kementerian Keuangan.

"Kami berharap awal tahun ini juga ketetapan BLU didapatkan, sehingga proses transisi dari PTN Satker PNBP menjadi PTN Satker BLU bisa segera berjalan," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga

Dia mengaku optimistis usulan BLU disetujui setelah tahapan presentasi di akhir tahun lalu berjalan lancar dan mendapat tanggapan positif dari tim penilai Kemenkeu. Sutarto meyakini pula perubahan menjadi BLU ke depan sangat berdampak positif bagi kemajuan universitas melalui fleksibilitas penggunaan anggaran.

"Jika sudah BLU, simpanan ULM yang ditaksir lebih dari Rp 500 miliar di kas negara bisa dimanfaatkan mendukung pembangunan untuk kemajuan kampus," jelasnya.

Di sisi lain, Sutarto berharap atmosfer akademik terus semakin baik setelah perubahan menjadi BLU agar apa yang dipercayakan negara terhadap ULM dapat dipertanggungjawabkan dengan torehan kinerja penuh prestasi. Apalagi ULM sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Pulau Kalimantan terakreditasi A, tambah dia, sangat diharapkan sebagai pencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas di tanah Borneo.

"Gerak laju pembangunan harus didukung SDM yang dapat berkontribusi di segala bidang agar kemajuan daerah bisa lebih cepat dan merata," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement