Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Rofingah

Menuju Sekolah Adiwiyata Provinsi, MTsN 3 Bantul Berupaya Perbanyak Biopori

Info Terkini | Wednesday, 26 Jan 2022, 14:29 WIB
Sugeng Muhari, S.Pd.Si., Kepala MTsN 3 Bantul tinjau salah satu titik lubang biopori di SMAN 1 Bantul

Bantul (DIY) – Sugeng Muhari, S.Pd.Si., Kepala MTsN 3 Bantul berkesempatan tinjau salah satu titik lubang biopori di SMAN 1 Bantul pada agenda studi tiru program adiwiyata, Selasa (25/01/2022). Peninjauan didampingi langsung oleh Yanti Widjiastuti, S.Pd., M.Hum. selaku Ketua Adiwiyata SMAN 1 Bantul beserta tim.

Biopori biasa juga disebut dengan lubang resapan merupakan lubang yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah. Lubang ini memiliki diameter antara 10-30 cm yang kemudian diisi dengan sampah organik. “Lubang biopori, semakin banyak akan semakin bagus”, kata Yanti. Mengingat bahwa biopori memiliki segudang manfaat secara ekologi dan lingkungan, yaitu memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah. Biopori dapat mengubah sampah organik menjadi kompos. Pengomposan sampah organik akan mengurangi aktivitas pembakaran sampah yang dapat meningkatkan kandungan gas rumah kaca di atmosfer.

Setelah kurun waktu tertentu, biopori dapat dipanen. Hasil panen biopori berupa pupuk organik yang dapat digunakan untuk menambah kesuburan tanaman di area madrasah. Lubang biopori dapat dipanen antara 2-3 bulan. Biopori yang ditanam pada lokasi lembab dapat dipanen lebih cepat, yaitu sekitar 2 bulan. Namun, pada lokasi yang kering biopori membutuhkan waktu sekitar 3 bulan hingga bisa dipanen.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image