Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

NHS Hapus Pernyataan Kontroversial: Menyusui Bisa Bakar 300 Kalori Setiap Hari

Rabu 26 Jan 2022 14:59 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Ibu menyusui (ilustrasi). Pernyataan NHS itu soal menyusui bisa membakar kalori dinilai sangat kental dengan budaya diet yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh ibu baru.

Ibu menyusui (ilustrasi). Pernyataan NHS itu soal menyusui bisa membakar kalori dinilai sangat kental dengan budaya diet yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh ibu baru.

Foto: Wikimedia
NHS membuat pernyatan kontroversial soal menyusui dan penurunan berat badan ibu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- NHS telah memberikan pernyataan kontroversi tentang menyusui. Layanan Kesehatan Nasional Inggris itu mengklaim bahwa menyusui adalah cara terbaik untuk mendapatkan kembali tubuh ideal karena bisa membakar hingga 300 kalori per hari.

Dalam pernyataannya, NHS mengatakan bahwa rahim ibu yang baru melahirkan butuh waktu enam pekan atau lebih untuk kembali ke ukuran normal. Selama rentang waktu itu, ibu akan terlihat seperti orang hamil, meski sudah melahirkan.

Baca Juga

Menurut NHS, menyusui bisa membantu mengembalikan ukuran rahim lebih cepat. Pernyataan yang mulanya dipublikasikan di situs web Start4Life itu kini telah dihapus setelah mendapatkan kritik dan protes.

Salah satu yang mengkritik pernyataan NHS adalah Maggy Van Eijk, penulis yang berbasis di London. Ia tengah hamil 38 minggu. Lewat cicitan di Twitter-nya, dia menulis bahwa panduan kehamilan dari NHS membuatnya muak.

"Panduan kehamilan dari NHS setiap minggunya sangat toksik. Menyusui bukanlah alat penurun berat badan. Tubuh Anda tidak akan kemana-mana, jadi tidak perlu bilang ingin tubuh Anda kembali. Tubuh hanya berubah, berevolusi, dan terus akan begitu sampai meninggal," kata Maggy, seperti dilansir The Sun, Rabu (26/1/2022).

Berbicara kepada Huffington Post, Maggy menegaskan bahwa bahasa yang disampaikan oleh NHS sangat ketinggalan zaman. Menurutnya, pernyataan NHS itu sangat kental dengan budaya diet yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh ibu baru.

Maggy menyebut, ada banyak pengetahuan mengenai kehamilan, proses melahirkan, dan menyusui yang sehat yang perlu disampaikan kepada calon ibu baru selain soal bagaimana menurunkan berat badan. Cicitan Maggy telah mendapatkan hampir 400 suka dengan banyak pengguna yang ikut kecewa dengan saran NHS.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA