Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Mau Internet Gratisan? Ini 3 Bahaya Pakai Wi-Fi Publik

Kamis 27 Jan 2022 00:10 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi Wifi

Ilustrasi Wifi

Foto: Republika/Mardiah
Wifi publik berisiko penyebaran malware.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Meskipun gratis, menggunakan WiFi publik memiliki risiko yang perlu Anda ketahui. Ini sebabnya Anda tidak boleh membuka PayPal, rekening bank, dan masuk akun email saat menggunakan WiFi publik.

Ada risiko orang lain bisa memantau aktivitas daring Anda kecuali jika Anda tahu cara melindungi diri. Berikut tiga bahaya saat menggunakan WiFi publik seperti dilansir Makeuseof, Rabu (26/1):

Baca Juga

1.Penjelajahan tidak terenkripsi bersifat publik

WiFi menggunakan gelombang radio yang disiarkan. Ini berarti siapa pun dalam jangkauan dapat melihat semua yang Anda lakukan secara daring jika mereka memiliki perangkat lunak yang tepat. Tanpa perlindungan, siapa pun dapat melihat setiap situs yang Anda kunjungi, teks yang Anda kirim, dan informasi login di berbagai situs.

WiFi publik berbeda dengan WiFi rumah karena itu bisa terenkripsi. Di sisi lain, WiFi publik jarang terenkripsi. Namun, Anda tetap bisa melindungi akun Anda dengan beberapa cara.

Anda bisa menggunakan OpenSSL, sejenis enkripsi yang ditawarkan oleh banyak situs web seperti Google, Facebook, dan sebagian besar bank. Teknologi ini mengenkripsi lalu lintas antara Anda dan situs lain yang artinya tidak ada yang bisa mengintip aktivitas Anda.

2.Risiko malware

Pengintaian bukan satu-satunya potensi bahaya di jaringan WiFi publik. Sebab ada risiko lain, yaitu malware. Rekan pelanggan kedai kopi Anda mungkin menjalankan versi Windows yang lebih lama dengan banyak bug dan tanpa perlindungan malware. Dalam keadaan normal, mereka hanya membahayakan diri mereka sendiri, tetapi berkat WiFi publik, malware apa pun dapat berpindah ke milik Anda.

Namun, risiko ini lebih mudah untuk dikurangi. Bahkan, Anda mungkin sudah memiliki tindakan pencegahan yang diperlukan. Perangkat macOS dan Windows memiliki antivirus dan anti-malware bawaan yang menjaga Anda tetap aman dari file berbahaya yang masuk.

Di Windows, Anda harus memastikan bahwa semua jaringan WiFi publik ditetapkan sebagai “Publik” dalam pengaturan keamanan Anda. Ini akan mematikan berbagi file lokal komputer Anda dan memblokir sebagian besar lalu lintas jaringan.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA