Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Pandemi akan Berakhir? Anthony Fauci Justru Sebut Masih Tahap Pertama

Rabu 26 Jan 2022 14:00 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Anthony Fauci sebut ada lima tahapan pandemi Covid-19 yang harus dilewati.

Anthony Fauci sebut ada lima tahapan pandemi Covid-19 yang harus dilewati.

Foto: AP/Carolyn Kaster
Anthony Fauci sebut ada lima tahapan pandemi Covid-19 yang harus dilewati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penasihat medis utama untuk Gedung Putih, Anthony Fauci, mengatakan bahwa masyarakat masih menghadapi tahap pertama dari lima tahapan pandemi Covid-19. Dia memperingatkan masyarakat agar tidak berpikir bahwa mereka telah jauh dari kondisi sebenarnya dari pandemi.

Fase pertama pandemi, atau pandemi yang sesungguhnya, menurut Fauci, adalah kondisi di mana seluruh dunia benar-benar terkena dampak yang sangat negatif seperti sekarang ini. Empat langkah berikut adalah tahapan perlambatan, kontrol, eliminasi, dan akhirnya eradikasi.

Baca Juga

Dilansir Fortune pada Rabu (26/1/2022), berikut ciri-ciri keempat tahap lainnya. Pertama, perlambatan. Setelah fase pertama terjadi perlambatan, maka jumlah kasus yang baru dikonfirmasi akan menurun. Kasus omicron telah menyebabkan kasus positif covid meningkat tajam, kemudian menurun di banyak negara di mana varian ini ada. 

Di Afrika Selatan, gelombang covid keempat karena omicron hanya berlangsung total tiga minggu. Kemudian, kondisi rawat inap covid di Inggris sudah mulai surut, atau hanya satu bulan setelah kenaikan kurva hampir vertikal mulai pertengahan Desember lalu.

Para ilmuwan dari Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat (SAGE) Inggris telah membangun model yang menunjukkan mungkin ada gelombang baru kasus omicron pada awal musim panas, ketika orang melanjutkan aktivitas sosial dan kekebalan berkurang. Namun, mereka berpendapat kasus tidak mungkin meningkat seperti yang terjadi karena omicron, dengan pemodelan terbaru mencatat skenario terburuk lain dari 4.000 orang dirawat di rumah sakit sehari.

Beberapa orang optimis bahwa kekebalan alami akan menyebabkan jumlah kasus baru berkurang. Namun, Fauci mencatat kondisi itu terlalu dini untuk dikatakan saat ini. Pun dan kemungkinan akan selalu ada varian baru dalam waktu dekat.

“Ini adalah pertanyaan terbuka, apakah omicron akan menjadi vaksinasi virus hidup yang diharapkan semua orang, karena Anda memiliki begitu banyak variabilitas dengan varian baru yang muncul,” kata Fauci.

Kedua, kontrol. Fase berikutnya, setelah perlambatan, adalah fase pengendalian pandemi, atau yang oleh sebagian orang disebut sebagai endemisitas. Itu berarti bahwa Covid-19 akan terintegrasi ke dalam berbagai penyakit menular yang biasa dialami, seperti flu atau demam biasa.

“Kontrol berarti Anda memilikinya, tetapi hadir pada tingkat yang tidak mengganggu masyarakat,” ujar Fauci.

Dia berharap ini akan terjadi, tetapi jika varian lain yang menghindari imun tidak muncul. Apakah covid akan mewabah atau tidak pada 2022? Fauci menjawab tidak tahu.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA