Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Susah Tidur Malam? Konsumsi Makanan Ini

Kamis 27 Jan 2022 00:48 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi tidur

Ilustrasi tidur

Foto: Needpix
Makanan tertentu bisa membuat tidur malam menjadi lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Banyak pekerjaan menjadikan pikiran menjadi stres. Stres bisa mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan tidur dari waktu ke waktu. Tetapi ahli gizi memberi tahu bahwa membuat pilihan makanan yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik. 

Dilansir dari Rismedia pada Rabu (26/1), terdapat makanan yang dapat dikonsumsi  agar tidur semakin nyenyak pada malam hari yaitu :

Baca Juga

1. Pisang 

Selain mengandung potasium, pisang menawarkan jumlah vitamin B6 yang baik. Makan satu buah pisang sebelum tidur dapat meningkatkan kadar serotonin yang menenangkan otak.

2. Salmon 

Vitamin D dan omega-3 yang ditemukan dalam salmon adalah cara lain untuk meningkatkan produksi serotonin yang menenangkan.  Namun, paling baik dimakan tidak lebih dari dua kali seminggu, karena kekhawatiran tentang merkuri yang mungkin dikandungnya.

3. Almond 

Almond memiliki magnesium yang dapat meningkatkan kadar melatonin pengatur tidur.  Sebuah studi yang dilaporkan oleh National Library of Medicine melaporkan penurunan 10 persen dalam jumlah siswa yang melaporkan insomnia setelah makan 10 almond sehari selama 14 hari.

4. Kepiting 

Rendahnya asupan mineral selenium telah dikaitkan dengan kesulitan tidur.  Makan lebih banyak daging kepiting adalah salah satu cara untuk memperbaiki selenium Anda, ditambah nutrisi penting untuk tidur seperti kalsium dan vitamin B6.

Makanan Kedelai, asupan isoflavon yang lebih banyak, yang ditemukan dalam produk kedelai seperti tahu, dikaitkan dengan peluang lebih tinggi untuk mendapatkan tidur yang optimal.  Hanya satu porsi kedelai setiap hari, yang bisa berupa tahu, segelas susu kedelai, atau satu porsi edamame, membuat orang lebih mungkin mendapat waktu tidur yang cukup.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA