Rabu 26 Jan 2022 10:20 WIB

Negara Bagian Kwara Nigeria Izinkan Murid Pakai Jilbab di Sekolah

Siapa pun yang melarang jilbab di sekolah akan berhadapan dengan hukum.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Hijab. Negara Bagian Kwara Nigeria Izinkan Murid Pakai Jilbab di Sekolah
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Hijab. Negara Bagian Kwara Nigeria Izinkan Murid Pakai Jilbab di Sekolah

IHRAM.CO.ID, ILORIN -- Pemerintah Negara Bagian Kwara, Nigeria mengizinkan penggunaan jilbab oleh siswi Muslim di semua kategori sekolah umum di negara bagian tersebut.

Hal ini diputuskan Komisaris Negara untuk Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Hajia Sa'adatu Madibbo-Kawu dalam pertemuan damai antara pemangku kepentingan Muslim dan Kristen dari Ijagbo di Wilayah Pemerintah Daerah Oyun negara bagian, Senin (24/1/2022).

Baca Juga

"Pernyataan kebijakan Pemerintah Negara Bagian Kwara yang mengizinkan siswi Muslim yang bersedia mengenakan jilbab di semua sekolah umum, termasuk yang berbantuan hibah, bersifat mengikat," ujar Sekretaris Pers Kementerian Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yakub Aliagan, dikutip di Punch Nigeria, Rabu (26/1/2022).

Aliagan juga menyebut keputusan yang diambil ini sesuai dengan pernyataan yudisial dari pengadilan hukum dan konstitusi Republik Federal Nigeria. Madibbo-Kawu mengimbau para pemimpin Muslim dan Kristen mengizinkan perdamaian berkuasa di negara bagian itu.

 

Ia mengarahkan Kepala Sekolah Menengah Atas Baptis Oyun, Ijagbo, untuk segera menerapkan kebijakan penggunaan hijab yang diperbolehkan di sekolah umum. Selanjutnya, Madibbo-Kawu memperingatkan siapa pun yang mencoba menyabotase koeksistensi damai di antara masyarakat di negara bagian itu akan menghadapi permasalahan hukum.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Tetap di kementerian Ibu Mary Adeosun, Ketua Komisi Pelayanan Pengajaran Alhaji Abubakar Bello, Anggota Dewan TESCOM, Presiden Konfederasi Kepala Sekolah Menengah Seluruh Nigeria Alhaji Toyin Abdullahi, serta Ketua Pengasuh Persatuan Guru Nigeria Alhaji Umar Abdullahi.

https://punchng.com/kwara-meets-christians-muslims-says-hijab-stays-in-schools/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement