Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Liga Primer Inggris Sejauh Ini

Rabu 26 Jan 2022 07:00 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Kiper Manchester City Ederson Moraes.

Kiper Manchester City Ederson Moraes.

Foto: EPA-EFE/Jon Super
David De Gea terbanyak melakukan penyelamatan, tapi namanya tak ada di daftar.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Statistik musim ini mengungkapkan kiper Manchester United, David De Gea sebagai penjaga gawang paling heroik dengan 80 kali penyelamatan. Itu artinya, De Gea membuat MU selamat dari 80 kali kebobolan musim ini.

Namun, dari segi clean sheet, De Gea harus rela tak berada dalam lima peringkat teratas. Dilansir dari Sportskeeda, Rabu (26/1/2022) berikut penjaga gawang dengan catatan clean sheet terbanyak.

Baca Juga

 

1. Ederson Moraes  (12)

Kiper Manchester City ini mencatatkan 12 clean sheet di Liga Inggris sejauh musim ini berlangsung atau tujuh lebih banyak daripada yang dilakukan De Gea untuk MU. Pemain 28 tahun tersebut memenangkan penghargaan Sarung Tangan Emas Premier League dalam dua musim terakhir.

Penjaga gawang asal Brasil yang terkanal dengan kemampuan passingnya secara persentase penyelematan juga sedikit unggul atas De Gea. Baru-baru ini ia menjaga clean sheet dalam kemenangan City 2-0 atas MU.

Sejak awal musim 2019/2020 tak ada kiper Liga Inggris yang mencatatkan clean sheet lebih banyak dari rekor Ederson yakni 47 kali. sebaliknya, selama periode yang sama, De Gea hanya mencatatkan 27 clean sheet.

 

2. Aaron Ramsdale (10)

Kiper Arsenal tersebut mencatatkan sepuluh clean sheet musim ini di Liga Inggris. Angka tersebut sama dengan catatan kiper Liverpool Alisson Becker. Namun Ramsdale layak mendapatkan peringkat lebih tinggi karena dia memainkan dua laga lebih sedikit daripada Alisson.

Ramsdale menjadi penandatanganan luar biasa oleh The Gunners dalam segala hal. Mantan kiper Bournemouth tersebut melakukan 51 penyelamatan dengan persentasi penyelamatan 80,9 musim ini. Namun beberapa penggemar dan kritikus berharap dia menjadi kiper nomor dua Arsenal setelah Bern Leno.

Ramsdale berkembang menjadi lebih baik dengan hanya kebobolan 16 gol. Ia pun kini menjadi penantang Jordan Pickford untuk menjadi kiper utama Inggris.

 

3. Alisson Becker (10)

Kiper Liverpool ini memiliki catatan sama dengan Ramsdale dalam hal clean sheet. Dia bisa dibilang sebagai kiper terbaik Liga Inggris belakangan ini. Catatan clean sheetnya dua kali lipat lebih banyak daripada De Gea. Pemain Internasional Brazil tersebut harus melakukan penyelamatan pada beberapa kesempatan musim ini.

Alisson hanya kebobolan 17 gol dalam 20 penampilan musim ini. Sebaliknya, De Gea kebobolan 30 gol dalam 22 pertandingan. Ia dinominasikan untuk menerima penghargaan Penjaga Gawang Terbaik FIFA bersama Edoaurd Mendy dan Gianluigi Donnarumma. Mantan pemenang trofi Yashin ini sangat konsisten performanya sejak pindah dari AS Roma senilai 62,5 juta Euro.

 

4  Edouard Mendy (8)

Kedatangannya ke Chelsea langsung menggeser posisi Kepa Arrizabalaga sebagai kiper utama The Blues. Ia mencatatkan delapan clean sheet di Liga Inggris musim ini. Namun pemain asal Senegal tersebut memainkan satu pertandingan lebih sedikit daripada Jose Sa. Baru-baru ini ia dianugerahi Penghargaan Penjaga Gawang Terbaik FIFA berkat penampilan apiknya pada 2021.

Saat ini, Mendy membela negaranya di Piala Afrika dan jelas kehilangan besar bagi Chelsea. Chelsea telah kehilangan poin melawan Manchester City dan Brighton. Ini artinya Chelsea kini berjarak sepuluh poin dari City.

Mendy memiliki persentase penyelamatan yang sangat baik yaitu 81 kali musim ini. Mendy menyelamatkan lebih dari 50 tembakan di Liga Inggris. Sehingga performanya memunculkan perdebatan dengan Alisson dan Ederson tentang siapa kiper terbaik Liga Inggris.

 

5. Jose Sa (8)

Kiper Wolverhampton Wanderers (Wolves) yang baru, Jose Sa tampil luar biasa musim ini. Ia mencatatkan delapan clean sheet termasuk saat melawan Manchester United. Persentase penyelamatannya sebesar 84,8. Angka itu tak hanya tertinggi di Liga Inggris tetapi juga lebih dari kiper manapun di lima liga top Eropa musim ini.

Kiper asal Portugal tersebut membuat 67 penyelamatan dan menempatkannya di peringkat ketiga dalam penyelamatan di Liga Inggris musim ini. Ia menjadi pengganti  lebih baik dari Rui Patricio yang hengkang. Pemain 29 tahun tersebut hanya kebobolan 16 gol dalam 21 penampilan.

Ia mencatatkan kebobolan hanya 0.76 gol per 90 menit yang merupakan terendah kedua di Liga Inggris di bawah kiper City Ederson Moraes.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA