Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

KSAD Dudung Tunggu Perintah Pemindahan Personel TNI AD ke IKN

Rabu 26 Jan 2022 01:55 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ilham Tirta

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman  memimpin apel jajaran yang diikuti prajurit Tentara Angkatan Darat (TNI AD) wilayah Jabotabek di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (25/1/2022). Apel tersebut diikuti sebanyak 2.655 prajurit dalam rangka memberikan imbauan kepada jajaran prajurit TNI AD untuk mampu mengantisipasi perkembangan paham radikalisme. Republika/Thoudy Badai

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin apel jajaran yang diikuti prajurit Tentara Angkatan Darat (TNI AD) wilayah Jabotabek di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (25/1/2022). Apel tersebut diikuti sebanyak 2.655 prajurit dalam rangka memberikan imbauan kepada jajaran prajurit TNI AD untuk mampu mengantisipasi perkembangan paham radikalisme. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai
TNI AD bakal membentuk masing-masing satu kodim, satuan zeni dan satuan operasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman merespons terkait proses pemindahan ke  (IKN) baru ke Kalimantan Timur. Dudung mengatakan, rencananya pada tahap awal, TNI Angkatan Darat (AD) akan lebih dulu dipindahkan ke sana.

"Tahap awal memang nanti akan duluan TNI AD, tetapi kelompoknya atau satuannya masih satuan kecil," kata Dudung di Monas, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga

Dudung menjelaskan, dalam proses pemindahan itu, nantinya TNI AD bakal membentuk satu Komando Distrik Militer (Kodim), satuan Zeni, dan satuan operasional. Namun, ia menyebut, jumlah satuan operasional yang dibentuk pada tahap awal pemindahan tidak banyak.

Meski demikian, Dudung menekankan, terkait proses pemindahan tersebut, pihaknya masih menunggu perintah dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. "Ini belum ada perintah, kami menyesuaikan perintah dari pimpinan tentunya dari Panglima TNI, kapan kita akan dilakukan di sana, kemudian tempatnya," kata dia.

"Yang jelas, Kodam sudah melaporkan bahwa sudah dialokasikan beberapa tempat yang nantinya untuk TNI Angkatan Darat," kata dia menjelaskan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan wilayah Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara baru. Bahkan, pemindahan ibu kota telah disahkan DPR melalui Undang-Undang IKN pada sidang paripurna, Selasa (18/1/2022). Adapun IKN baru ini diberi nama "Nusantara".

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA