Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Berhenti Jual Fish Bowl, Vendor Akuarium Prancis: Ikan Jadi Gila Berputar di Dalamnya

Rabu 26 Jan 2022 00:14 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Kucing sedang minum dari fish bowl. Perusahaan penyedia akuarium di Prancis, AgroBiothers Laboratoire, tak lagi menjual fish bowl sebagai bentuk edukasi kepada konsumen.

Kucing sedang minum dari fish bowl. Perusahaan penyedia akuarium di Prancis, AgroBiothers Laboratoire, tak lagi menjual fish bowl sebagai bentuk edukasi kepada konsumen.

Foto: EPA
Perusahaan akuarium Prancis tak lagi menjual fish bowl.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vendor akuarium terkemuka dari Prancis telah memutuskan untuk berhenti menjual mangkuk ikan bundar (fish bowl). Mereka menjalaskan, akuarium jenis itu membuat ikan frustasi hingga meninggal lebih cepat.

Pemimpin pasar perawatan hewan peliharaan Prancis, AgroBiothers Laboratoire, kini hanya akan menawarkan akuarium dengan kapasitas lebih dari 15 liter berbentuk persegi panjang. AgroBiothers menjelaskan bahwa menempatkan ikan dalam mangkuk kecil tanpa sistem penyaring dan oksigenasi adalah bentuk penyiksaan hewan.

Baca Juga

"Orang-orang membeli ikan mas untuk anak-anak mereka secara impulsif, andai saja mereka tahu betapa menyiksanya itu, mereka tidak akan melakukannya. Berputar-putar dalam mangkuk kecil membuat ikan gila dan itu membunuh mereka dengan cepat," kata CEO AgroBiothers, Matthieu Lambeaux, dilansir Reuters, Selasa (25/1/2022).

Ikan mas dapat hidup hingga 30 tahun dan tumbuh hingga sekitar 25 cm di akuarium besar atau kolam luar ruangan. Namun, ikan sering mati dalam beberapa pekan atau bulan saat berada di mangkuk kecil.

Lambeaux mengatakan, ikan mas adalah hewan sosial. Ikan mas membutuhkan teman dari ikan lain, ruang yang luas dan air bersih, dan memiliki akuarium dengan peralatan.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA