Selasa 25 Jan 2022 20:05 WIB

Covid-19 Meluas, Ganjar Pranowo Minta Program Jogo Tonggo Kembali Diaktifkan

Ganjar Pranowo mengatakan masyarakat tidak perlu panik menghadapi Covid-19 omicron

Red: Nur Aini
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat mengaktifkan kembali Program "Jogo Tonggo" guna mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19 varian baru, Omicron (B 11529).

"Masyarakat tidak perlu panik, tapi ini 'wake up call' juga untuk mengingatkan kepada yang lain. 'Jogo Tonggo'-nya jalan lagi, peringatan untuk pakai masker jalan lagi," kata dia di Kabupaten Brebes, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga

Ia mengungkapkan hingga saat ini perkembangan kasus Covid-19 varian Omicron terus dipantau, termasuk pengambilan sampel dengan "whole genome sequencing" yang juga terus dilakukan. Ganjar meminta masyarakat tidak takut menghadapi Omicron, tetapi berpegang pada pengalaman kenaikan kasus yang cepat di Eropa.

"Makanya dibutuhkan dari masyarakat, pakai masker ya, taat prokes aja insyaallah dari beberapa pengalaman kan lebih bahaya Delta saat itu, jadi kita tidak boleh lengah pada soal itu," katanya.

Sejalan dengan itu, ia meminta peningkatan kontrol pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang saat ini sedang berjalan. Percepatan vaksinasi, kata Ganjar, juga harus terus dilakukan dengan prioritas anak-anak usia 6-11 tahun, para lansia dan orang dengan komorbid.

"Vaksin segera dipercepat, wabil (lebih) khusus kepada lansia termasuk mereka yang harus di-'boosting' (dilakukan penguatan), apalagi mereka yang komorbid harus dalam pantauan karena kita amankan dulu mereka yang kelompok rentan sehingga kita harapkan ini bisa mencegah," katanya.

Kasus Covid-19 varian Omicron sedang merebak di Indonesia yang ditandai dengan pertumbuhan kasusnya naik dengan cepat, bahkan di Jawa Tengah tercatat sembilan orang terinfeksi varian ini, yakni di Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan, dan Sukoharjo.

Baca: 5 Kabupaten/Kota di NTT Belum Capai 70 Persen Vaksinasi Covid-19

Baca: Pasien Rawat Inap di RSDC Wisma Atlet Bertambah, Total Dekati 3.000 Orang

Baca: Kota Bandung Mulai Tes Covid-19 Acak Siswa dan Guru di Sekolah

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement