Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Striker Nigeria Ahmed Musa Sumbang Ribuan Dolar untuk Masjid di Kamerun

Selasa 25 Jan 2022 17:15 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Selebrasi pesepak bola Nigeria Ahmed Musa usai mencetak gol kedua ke gawang Islandia pada pertandingan grup D Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Jumat (22/6). Striker Nigeria Ahmed Musa Sumbang Ribuan Dolar untuk Masjid di Kamerun

Selebrasi pesepak bola Nigeria Ahmed Musa usai mencetak gol kedua ke gawang Islandia pada pertandingan grup D Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Jumat (22/6). Striker Nigeria Ahmed Musa Sumbang Ribuan Dolar untuk Masjid di Kamerun

Foto: AP/Darko Bandic
Ahmed Musa adalah salah satu pemain terbaik di tim nasional Nigeria.

REPUBLIKA.CO.ID, GAROUA -- Di samping menjadi pemain top Muslim yang memimpin Super Eagles (tim nasional Nigeria) dalam mengincar gelar Piala Afrika keempat mereka, striker Nigeria ini juga berjiwa dermawan. Ahmed Musa menyumbangkan sebesar 1.500 dolar AS ke sebuah masjid lokal dekat dengan kamp Eagles di Garoua, Kamerun, Jumat (21/1/2022) usai sholat Jumat.

Pulse Sports melaporkan masjid tersebut adalah tempat para pemain Muslim melaksanakan sholat sejak kedatangan mereka di bagian utara Kamerun itu pada 5 Januari 2022. "Musa telah menyumbangkan 1.500 dolar untuk mendukung proyek pembangunan Masjid Pusat yang sedang berlangsung di Garoua," kata seorang sumber di kamp tersebut, yang berbicara dengan syarat anonim, dilansir di laman About Islam, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga

Sumber tersebut mengatakan, para pemain dan ofisial tim telah beribadah di Masjid Pusat sejak mereka tiba di Garoua. Menurutnya, isyarat untuk mendukung proyek pembangunan yang sedang berlangsung diapresiasi oleh para pemimpin Masjid.

Ahmed Musa adalah salah satu pemain terbaik di tim nasional Nigeria. Musa hanya tampil dalam pertandingan grup kedua Super Eagles melawan Sudan. Ia kembali tampil di menit ke-88 saat timnya menelan kekalahan dari Tunisia di babak 16 besar pada Senin (24/1/2022) dini hari.

Musa selalu menjadi inspirasi bagi banyak pemuda Muslim dengan karya amal dan proyek yang diluncurkan untuk membantu orang-orangnya. Superstar Nigeria ini memulai karier sepak bolanya di jalanan ketika ia tidak memiliki apa-apa selain bola dan beberapa teman yang berbagi cinta dan hasratnya untuk sepak bola.

Itulah sebabnya Musa, sambil memajukan karirnya dari satu tim ke tim lain, juga memastikan membantu mereka yang membutuhkan di negaranya. Hal itu baik dengan mempromosikan olahraga di kalangan masyarakat Nigeria, mendukung pemuda, maupun menyumbangkan makanan kepada yang membutuhkan.

Dia bahkan memulai yayasan amal bernama "Yayasan Ahmad Musa" di mana dia membantu mereka yang membutuhkan. Misalnya pada 2018, Musa membebaskan 40 napi dengan membayar utangnya. Di bulan Ramadhan 1439 H, pemain Super Eagles itu menunjukkan rasa cintanya kepada masyarakat di Kano dengan membagikan sembako dan nasi bungkus kepada mereka.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA