Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Twitter Buat Fitur 'Teman Dekat' Mirip di Instagram

Selasa 25 Jan 2022 17:31 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih

Twitter

Twitter

Foto: Reuters
Twitter mengerjakan fitur Flock yang mirip seperti fitur close friend di Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial Twitter sedang mengerjakan fitur  yang memungkinkan Anda berbagi tweet dengan sekelompok orang tertentu. Ini mirip seperti fitur close friends yang ada di Instagram.

Fitur yang disebut Flock di Twitter ini memungkinkan Anda berbagi dengan teman dekat seperti di Instagram.  Twitter pertama kali memberi The Verge gambaran sekilas tentang fitur tersebut Juli 2021 lalu.

Baca Juga

Saat itu, fitur disebut "teman terpercaya". Sejak itu, pengembang seluler Alessandro Paluzzi telah melacak kemajuan twitter.

Temuan terbaru Paluzzi memberikan beberapa informasi tentang bagaimana fitur tersebut dapat beroperasi. Twitter tampaknya bekerja pada halaman yang menampilkan lebih banyak informasi tentang Flock, yang menjelaskan bahwa Anda dapat menambahkan hingga 150 anggota. 

Hanya pengguna dipilih ini yang dapat melihat atau membalas cuitan yang dikirim ke Flock Anda. Jika Anda memutuskan tidak mengizinkan seseorang lagi di flock Anda, Twitter mencatat bahwa Anda dapat menghapus orang dari daftar Anda kapan saja dan mereka tidak akan mendapatkan pemberitahuan.

Jika Anda berada di Flock seseorang dan mereka mengirimkan cuitan, Paluzzi melihat label yang mungkin muncul di bawah cuitan itu bertuliskan "Anda dapat melihat tweet ini karena penulis telah menambahkan Anda ke Flock mereka." Ini akan memudahkan untuk membedakan antara teman dekat dan semua orang yang pengguna ikuti di Twitter.

Untuk mengirimkan tweet ke Flock, sepertinya Twitter akan menampilkan opsi audiens sebelum pengguna mengirimkannya, memungkinkan Anda memilih di antara semua pengguna Twitter.

Twitter meluncurkan komunitas khusus undangan pada September, fitur serupa yang memungkinkan Anda terhubung dengan pengguna dengan minat yang sama. Sama seperti pengguna dapat membatasi cuitan Anda ke kawan Anda, pengguna dapat mengirimkan cuitan ke komunitas tertentu dari semua pengikut Anda.

Masih belum jelas kapan fitur 'teman dekat' Twitter akan menjangkau semua pengguna, tetapi mudah-mudahan itu tidak akan gagal seperti Fleets.

"Twitter selalu mencari cara baru untuk membantu orang terlibat dalam percakapan yang sehat, dan kami saat ini sedang menjajaki cara untuk membuat orang berbagi lebih pribadi. Kami belum memiliki berita lebih lanjut untuk dibagikan mengenai fitur tersebut saat ini, tetapi kami dapat mengonfirmasikan bahwa 'Twitter Flock' hanyalah nama pengganti," kata juru bicara Twitter Tatiana Britt kepada The Verge  seperti dikutip Selasa (25/1).

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA