Selasa 25 Jan 2022 14:06 WIB

3 Cara Merekam Telepon dan WhatsApp

Beberapa ponsel menawarkan aplikasi bawaan untuk merekam telepon.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Panggilan telepon ke nomor 911 (ilustrasi)
Panggilan telepon ke nomor 911 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya pengguna merasa perlu merekam panggilan WhatsApp penting tetapi tidak dapat melakukannya. Sebab, tidak ada opsi untuk merekam panggilan telepon di WhatsApp.

Jadi, pengguna mengandalkan aplikasi pihak ketiga dan layanan lain untuk ini. Berikut adalah berbagai metode yang dapat Anda coba untuk merekam telepon biasa dan panggilan WhatsApp Anda.

Baca Juga

1. Fitur bawaan perekam telepon

Dilansir dari India Today, Selasa (25/1/2022), beberapa ponsel cerdas memiliki fitur perekaman panggilan. Jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga untuk ini. Seseorang hanya perlu mengetahui proses untuk mengaktifkannya.

Misalnya, aplikasi Phone native OnePlus memiliki fitur perekaman Panggilan. Anda bisa menemukan di bagian Pengaturan aplikasi > Rekaman Panggilan. Di sini, Anda dapat mengatur perekaman otomatis jika Anda tidak ingin merekam setiap panggilan secara manual.

Mereka yang tidak ingin merekam semua panggilan cukup memilih “Tentukan halaman perekaman” di bawah bagian “Rentang Perekaman Otomatis”. Anda kemudian dapat memilih kontak tertentu atau memilih opsi “Penelepon tidak dikenal”.

Pengguna Samsung juga dapat merekam panggilan menggunakan aplikasi bawaan. Buka saja di ponsel Samsung Galaxy Anda, ketuk tombol tiga titik untuk membuka bagian Pengaturan lalu ketuk “Rekam panggilan”. Sekarang, aktifkan “Rekam panggilan otomatis”.

2. Aplikasi telepon di PlayStore

Anda dapat menginstal aplikasi Google's Phone dari Play Store. Buka dan ketuk ikon tiga titik > Pengaturan > Rekaman panggilan.

Di bagian “Selalu rekam”, ketuk Nomor yang dipilih > aktifkan Selalu rekam nomor yang dipilih > ketuk Tambah, yang ada di pojok kanan atas. Anda kemudian dapat memilih kontak dan mengetuk “Selalu rekam”. Anda selalu dapat membuat perubahan sesuai dengan preferensi Anda.

Namun, ada kondisi tertentu. Perangkat Anda harus menjalankan Android 9 atau versi yang lebih baru untuk merekam panggilan telepon Anda.

Google mengatakan pengguna harus berada di negara atau wilayah di mana perekaman panggilan didukung. Rekaman panggilan tidak tersedia di semua tempat.

Jadi, fitur bervariasi berdasarkan negara atau wilayah Anda. Selain itu, perangkat dan operator harus mendukung fitur tersebut.

2. Aplikasi pihak ketiga

Jika kedua metode tidak berfungsi untuk Anda, Anda dapat menginstal aplikasi perekaman panggilan pihak ketiga dari Play Store. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

Anda dapat mengatur perekaman otomatis dan bahkan mengecualikan beberapa penelepon. Ada juga opsi untuk mengaktifkan perekaman panggilan secara manual. Aplikasi kemudian akan menampilkan widget perekaman panggilan setiap kali Anda menerima panggilan.

Apa yang harus Anda ingat sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga?

 

Meskipun menggunakan pihak ketiga mungkin menawarkan beberapa bantuan, pengguna disarankan untuk berhati-hati. Sebelum mengunduh aplikasi apa pun, periksa kembali nama pengembang, ulasan, kebijakan privasi, dan detail lainnya. Setelah diperiksa, instal aplikasi, dan pastikan Anda hanya memberikan akses ke fitur (izin) yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi.

Jika Anda memiliki masalah saat merekam panggilan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda cukup menggunakan ponsel pintar sekunder atau perangkat lain untuk merekam panggilan telepon biasa atau WhatsApp. Untuk ini, tentu saja, Anda harus menyimpan telepon utama di speaker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement