Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Akun IG Giring Hilang, Jubir Duga Ada Pihak yang Takut dengan Gerakan Ketum PSI

Selasa 25 Jan 2022 13:12 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha Djumaryo.

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha Djumaryo.

Foto: @Giring_Ganesha
Jubir Ariyo Bimmo mengaku kaget karena baru pertama kali akun ketum PSI hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ariyo Bimmo membenarkan kalau akun Instagram Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha mendadak hilang. Menurutnya, ada pihak-pihak yang takut atau khawatir terhadap gerakan Ketum PSI.

"Benar akunnya bro Giring hilang. Kemarin saya sudah tidak bisa menemukan. Saya konfirm ke teman-teman PSI lain juga demikian. Mungkin ada pihak-pihak yang takut atau khawatir terhadap gerakan PSI yang dimotori Ketum kami, Giring Ganesha," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan saat ini sedang menunggu hasil kordinasi dengan pihak Instagram.  Bimo mengaku kejadian ini cukup mengagetkan karena belum pernah terjadi akun Ketum PSI hilang ataupun di take down.  "Biasanya kejadian semacam ini terjadi karena adanya pelaporan masal, tapi apa yang salah dari status-statusnya bro Giring? apakah karena kritik-kritik PSI dirasa terlalu tajam hingga harus dilaporkan?," kata dia.

Ia menambahkan permasalahan macam ini bisa saja terjadi kepada siapapun. Ia tentunya cukup menyayangkan hal ini terjadi karena selalu berupaya menggunakan media sosial dengan cara yang patut dan wajar. "Bila benar ada operasi cyber di balik kritik yang sehat, maka hal tersebut sangat tidak kondusif untuk iklim demokrasi. Kebebasan berpendapat tidak boleh dibungkam dengan gerakan anti kritik," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Akun Instagram Ganesha Djumaryo @giring tidak bisa dibuka. Hingga Selasa (25/1/2022), akun Instagram itu tak bisa diakses dan hanya tertuliskan, "Sorry, this page isn't available. The link you followed may be broken, or the page may have been removed. Go back to Instagram."

Belum diketahui pasti mengapa akun tersebut lenyap. Akun Giring Ganesha memiliki 337 ribu pengikut, dan mengikuti 302. Akun sudah aktif menyebarkan sebanyak 4142 unggahan.

Sebelumnya Giring yang juga politikus PSI itu terlibat saling sindir dengan Gubernur DKI Anies Baswedan. Giring menyindir Anies dari mulai pelaksanaan Formula E hingga pembangunan Jakarta International Stadium yang dikaitkan dengan istilah proyek Firaun.

"Seperti biasa @psi_id selalu melakukan aksi sosial kepada warga dan kebetulan hari ini kami temukan beberapa warga yang kurang beruntung tergusur oleh proyek yang dulu katanya hanya Firaun yang bisa melakukan. Semoga bantuan kecil ini bisa membantu ibu dan bapak di sana," kata Giring yang mengunggah foto bantuan permukiman kumuh dengan latar belakang JIS dikutip Republika.co.id, di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Baca juga : Pengamat: Cara Serangan Giring ke Anies Bisa Jadi Bumerang Bagi PSI

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA