Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Keutamaan Membaca Surat Yasin

Selasa 25 Jan 2022 02:03 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Infografis Keutamaan Surat Yasin

Infografis Keutamaan Surat Yasin

Foto: Infografis Republika
Surat Yasin memiliki keutamaan yang besar dalam Islam

REPUBLIKA.CO.ID,  KAIRO -- Surat Yasin memiliki keutamaan yang besar dalam Islam sehingga patut untuk dibaca pada beberapa waktu. Misalnya pada waktu sebelum tidur, setelah sholat Subuh atau dalam beberapa waktu lain. Karena itu merugilah mereka yang tidak memanfaatkan keutamaan Surah Yasin.

Dalam hadits riwayat al-Tirmidzi dan al-Darimi, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, dan sesungguhnya hati Alquran adalah Yasin, barangsiapa yang membacanya seakan ia membaca Alquran sepuluh kali".

Baca Juga

Keutamaan Surah Yasin juga dijelaskan dalam tafsir Imam Ibnu Katsir. Bahwa dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca Surah Yasin di malam hari, maka pada keesokan harinya ia diampuni. Siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (Surah Ad-Dukhan), maka di pagi harinya (dosanya) diampuni."

Sedangkan dalam riwayat lain, yakni riwayat Ath-Thabrani dan Ibnu Mardawaih dari Anas RA, "Siapa yang membiasakan diri membaca Surah Yasin setiap malam, kemudian ia meninggal dunia, maka ia meninggal dalam keadaan syahid."

Para ulama telah bersepakat, Alquran dengan semua Surah dan ayat-ayatnya mengandung kebaikan dan keberkahan. Dan Surah Yasin adalah salah satu surah yang memiliki banyak riwayat tentangnya. Sehingga membaca Surah Yasin adalah alasan untuk meminta ampunan dan menghapus dosa.

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA